Matematika Kelas X BAB 6 Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers


 

Melalui pembelajaran Matematika BAB 6 dengan Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers , materi  disusun sebagai satu alternatif sumber bahan ajar siswa untuk memahami materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers di kelas X. 

Melalui materi  ini kalian diajak untuk memahami konsep Komposisi fungsi dan invers suatu fungsi dan menyelesaikan masalah kontekstual menggunakan Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers.

 


Banyak sekali penerapan fungsi komposisi dan fungsi invers dalam kehidupan sehari-hari diantaranya adalah: 

1). Proses pembuatan buku diproses melalui 2 tahap yaitu tahap editorial dilanjutkan dengan tahap produksi. Pada tahap editorial, naskah diedit dan dilayout sehingga menjadi file yang siap dicetak. Kemudian, file diolah pada tahap produksi untuk mencetaknya menjadi sebuah buku. Proses pembuatan buku ini menerapkan algoritma fungsi komposisi. 

2). Untuk mendaur ulang logam, awalnya pecahan logam campuran dihancurkan menjadi serpihan kecil. Drum magnetic pada mesin penghancur menyisihkan logam magnetic yang memuat unsure besi. Lalu sisa pecahan logam dikeruk dan dipisahkan, sedangkan serpihan besi dilebur menjadi baja baru. Proses pendaur ulang logam tersebut menggunakan fungsi komposisi. 

3). Sebuah lempeng emas yang dapat dibentuk menjadi berbagai perhiasan juga menerapkan fungsi komposisi. 

4). Di bidang ilmu yang lain fungsi komposisi dan invers juga di terapkan seperti di bidang ekonomi digunakan untuk menghitung dan memperkirakan sesuatu seperti fungsi permintaan dan penawaran, di bidang kimia digunakan untuk menentukan waktu peluruhan unsur, di bidang geografi dan sosiologi digunakan untuk optimasi dalam industri dan kepadatan penduduk alam.


Pada BAB 6 dengan Kompetensi Dasar : 

3. 6 Menjelaskan operasi komposisi pada fungsi dan operasi invers pada fungsi invers serta sifat-sifatnya serta menentukan eksistensinya.
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi komposisi dan operasi invers suatu fungsi.

ini , kalian bisa mempelajari :
Pembelajaran 1 akan membahas tentang : Fungsi Komposisi
Pembelajaran 2 akan membahas tentang : Fungsi Invers.