Sosiologi Kelas XII BAB 5 Evaluasi Pemberdayaan Komunitas dalam Menyikapi Ketimpangan Sosial




Materi Sosiologi Kelas XII Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 

BAB 5 Evaluasi Pemberdayaan Komunitas dalam Menyikapi Ketimpangan Sosial

 
Kompetensi Dasar
3. 5 Mengevaluasi aksi pemberdayaan komunitas sebagai bentuk kemandirian dalam menyikapi ketimpangan sosial.
4.5 Mengelaborasikan berbagai alternatif pemberdayaan sosial yang diperlukan untuk mengatasi ketimpangan sosial di masyarakat

KEGIATAN PEMBELAJARAN 1 EVALUASI PEMBERDAYAAN KOMUNITAS
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan peserta didik mampu memahami Evaluasi pemberdayaan komunitas yang meliputi; Konsep-konsep pemantauan dan evaluasi aksi pemberdayaan komunitas.
 

B. Uraian Materi
Globalisasi yang tengah terjadi dalam kehidupan masyarakat, termasuk komunitas lokal telah memberi dampak dalam kehidupan sosial budaya masyarakat setempat. 

Para globalis percaya bahwa globalisasi adalah sebuah kenyataan yang memiliki konsekuensi nyata terhadap bagaimana orang dan lembaga di seluruh dunia berjalan. Mereka percaya bahwa negara-negara dan kebudayaan lokal akan hilang diterpa kebudayaan dan ekonomi global yang homogen. 

Pengaruh negatif yang nyata dalam kehidupan masyarakat ini mampu meningkatkan masalah sosial yang berkaitan dengan ketimpangan sosial dan semakin lunturnya kearifan lokal yang dimiliki komunitas lokal dalam masyarakat. 

Untuk mengantisipasi pengaruh negatif tersebut maka salah satu strategi yang dilakukan adalah dengan pemberdayaan masyarakat atau dikenal dengan istilah pemberdayaan komunitas.


Pemberdayaan komunitas mampu disebut sebagai suatu upaya untuk menciptakan/ meningkatkan kapasitas atau kemampuan masyarakat, baik secara individu maupun kelompok, dalam memecahkan berbagai persoalan yang terkait dengan upaya peningkatan kualitas hidup, kemandirian dan kesejahteraannya. 

Prinsip pemberdayaan komunitas pada hakekatnya adalah untuk mewujudkan masyarakat yang dulunya berada pada kondisi sosial ekonomi yang rendah sehingga menyebabkan mereka tidak tahu dan tidak mampu, menjadi masyarakat yang berdaya dan mandiri.


1. Konsep-konsep pemantauan dan evaluasi aksi pemberdayaan komunitas
a. Pengertian Evaluasi Pemberdayaan Komunitas
Kata “evaluasi” dalam kehidupan sehari-hari sering diartikan sebagai padanan istilah dari “penilaian”, yaitu suatu tindakan pengambilan keputusan untuk menilai suatu objek, keadaan, peristiwa, atau kegiatan tertentu yang sedang diamati (Hornby dan Parnwell, 1972). 

Pokok-pokok pengertian tentang evaluasi:
1) Evaluasi adalah kegiatan pengamatan dan analisis terhadap suatu keadaan, peristiwa, gejala alam, atau sesuatu objek
2) Membandingkan segala sesuatu yang kita amati dengan pengalaman atau pengetahuan yang telah kita ketahui dan atau miliki.

 

 

KIRIMKAN JAWABAN ANDA KEPADA GURU MELALUI WHATSAPP

 

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN 2 MELAKSANAKAN PEMANTAUAN, EVALUASI DAN LAPORAN
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran 2 ini diharapkan peserta didik mampu melaksanakan pemantauan dan evaluasi serta penyusunan laporan hasil evaluasi pemberdayaan, dengan langkah-langkah sebagai berikut: Pemantauan dan evaluasi pemberdayaan komunitas, Pelaksanaa pemantauan dan evaluasi pemberdayaan komunitas, dan Penyusunan laporan hasil evaluasi pemberdayaan.


B. Uraian Materi
1. Langkah-langkah pemantauan dan evaluasi pemberdayaan komunitas
Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi pemberdayaan komunitas
 

Pelaksanaan evaluasi mampu dilakukan dalam tipe-tipe, sebagai berikut:

- Sebelum program dilaksanakan (pre -program evaluation), bertujuan meninjau kembali kelayakan dan kesiapan rancangan program. Bila dinilai tidak layak, mampu dilakukan perbaikan/pembatala rencana program pemberdayaaan.

- Pada saat program berjalan (on-going evaluation), perlu dilakukan untuk menilai dan mengetahui kesalahan /penyimpangan pemberdayaan sedini mungkin.

- setelah program berakhir (ex-post evaluation) sebagai bentuk penilaian akhir dan pertanggungjawaban pelaksanaan program pemberdayaan. (Soetomo; 2013: 349)


Langkah-langkah kegiatan evaluasi pemberdayaaan masyarakat secara garis besar sama dengan kegiatan penelitian sosial. 

Secara garis besar tahapan evaluasi pemberdayaan komunitas meliputi:
a. Persiapan
Persiapan yang perlu dilakukan yaitu penyusunan rencana kegiatan evaluasi, penyusunan instrument evaluasi, validasi instrument evaluasi, penentuan jumlah sampel yang diperlukan dan penyamaan persepsi antar evaluator. Beberapa hal yang perlu disamakan, tujuan program, tujuan evaluasi, kriteria keberhasilan program, wilayah generalisasi, teknik sampling dan jadwal kegiatan. 

Di tahap ini termampu dua tahapan yang harus dikerjakan yakni, pertama penyiapan petugas yaitu tenaga pemberdayaan masyarakat yang mampu dilakukan oleh komunitas pekerja (community worker) dan yang kedua adalah penyiapan lapangan yang pada dasarnya diupayakan dilaksanakan dengan cara non-direktif. 



KIRIMKAN JAWABAN ANDA KEPADA GURU MELALUI WHATSAPP