TUTORIAL MEMBUAT KUIS KAHOOT!

 




Kahoot! adalah aplikasi gratis untuk memainkan kuis pembelajaran yang menyenangkan. Dapat dikatakan
Kahoot! sebagai salah satu aplikasi game-based learning favorit di dunia.

 
Anda dapat menggunakan Kahoot! untuk pembelajaran, berbagi doorprize, mengenalkan produk, acara ulang tahun, seru-seruan bersama siswa atau keluarga. 

Dan ingat Kahoot!  versi gratis dapat menampung peserta kuis sebanyak 200 orang. 

Untuk Kahoot! Teach/ host dapat menampilkan kuis Kahoot! di layar lebar atau proyektor.



Dengan menampilkan pertanyaan di layar lebar atau LCD , guru /host  tetap akan menjadi sorotan dan memiliki kontrol pada perhatian peserta. Peserta hanya bisa beralih ke pertanyaan berikutnya apabila penyelenggara melanjutkannya . 


Pemain dapat bergabung via aplikasi di ponsel  mereka atau langsung menuju ke www.kahoot.it

Untuk bergabung di permainan Kahoot!, pemain dapat mengunjungi melalui www.kahoot.it (baik melalui desktop, laptop, maupun smartphone) lalu masukkan kode permainan dan tulis nama peserta.

 Peserta juga dapat memainkan kahoot melalui aplikasi yang ada di iOS maupun Android. Dengan aplikasi Kahoot di genggaman, siswa dapat memainkan kahoot kapan pun dan di mana pun mereka mau. Ini dapat bermanfaat ketika mereka ingin mereview pelajaran sebelumnya.
Pertanyaan dan jawaban akan muncul di layar, peserta menjawab via piranti masing-masing

Jika Anda menggunakan mode permainan Teach di Kahoot, semua pertanyaan akan muncul di layar besar sedangkan peserta atau pemain hanya akan mendapati opsi untuk memilih jawabanya di layar mereka masing-masing. Ini dimaksudkan agar siswa dapat fokus ke Anda dan soal yang Anda berikan. Untuk mengetahui perbedaan tiga mode permainan Kahoot: teach, assign, dan study silakan kunjungi tulisan ini.
Dengan Kahoot! belajar dengan riuh = belajar dengan hati gembira!

Anda pasti akan mendapati siswa dan suasana kelas yang sangat bersemangat ketika Kahoot! dimainkan. Jangan kuatir karena itu menunjukkan antusiasme dan animo mereka dalam belajar. 

Jika ada guru yang mengunjungi kelas Anda karena rasa ingin tahunya, jangan lupa ajarkan bagaimana cara-cara kreatif Anda menggunakan Kahoot untuk pembelajaran.


Perkuat pembelajaran dengan menugaskan PR melalui aplikasi Kahoot! Soal dan jawaban muncul di layar siswa!

Dengan adanya tiga mode permainan di Kahoot, Anda dapat memaksimalkan pembelajaran. Anda dapat memberikan tugas atau PR dari kahoot live yang baru saja Anda mainkan secara bersama. Mereka dapat mereview pembelajaran hari ini dengan menggunakan mode ini.


Hemat waktu dalam mengoreksi tugas. Jadikan PR menjadi hal yang menarik & menyenangkan!

Secara otomatis, skor akan terekam di spreadsheet yang bisa Anda bukan dan tinjau melalui aplikasi Excel maupun Sheet. Skor yang ada di Kahoot dipengaruhi oleh kecepatan menjawab pertanyaan, tidak hanya benar atau tidaknya jawaban. 

Jika Anda tertarik menggunakannya sebagai nilai tugas, silakan manfaatkan akurasi dalam bentuk persen sebagai nilai, misal untuk akurasi 75% Anda dapat memberikan nilai 75. 

Anda juga dapat melakukan analisis butir soal dengan hasil ini. Kahoot memang sangat cocok digunakan untuk asesmen formatif. Berikut ini adalah contoh rekaman nilai yang ada di Kahoot.


Guru menggunakan Kahoot! untuk review, penguatan, pra-asesmen, asesmen formatif, dan latihan sebelum ujian!

Kahoot tidak hanya dapat digunakan untuk membuat kuis atau pertanyaan sebagai tugas maupun ulangan.