Materi Sejarah Indonesia Kelas XI BAB I C.Kolonialisme dan Imperialisme

 



BAB I Penjajahan Bangsa Eropa di Indonesia 

Kompetensi Dasar
3.1 Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia
4.1 Mengolah informasi tentang proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah

 KEGIATAN PEMBELAJARAN 3 KOLONIALISME DAN IMPERIALISME BARAT
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran 3 ini kalian diharapkan mampu menjelaskan perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia serta membuat laporan tertulis tentang perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia.
B. Uraian Materi
“Dikasih hati minta jantung”, mungkin ungkapan ini cocok dengan sikap bangsa eropa yang awalnya hanya berdagang tetapi ternyata memiliki misi lain yang ingin menguasai nusantara. Bagaimana proses penjajahan itu terjadi?. Mari kita pelajari bersama pada materi berikut ini dan dari materi ini semoga kita bisa mengambil hikmah dari peristiwa yang terjadi pada masa lalu, sehingga peristiwa tersebut tidak akan terulang pada masa depan.


 

1. Perkembangan Penjajahan Portugis di Indonesia
Pada bulan April 1511, Albuquerque melakukan pelayaran dari Goa menuju Malaka dengan kekuatan kira-kira 1200 orang dan 17 buah kapal. 

Peperangan pecah segera setelah kedatangannya dan berlangsung terus secara sporadis sepanjang bulan Juli hingga awal Agustus. 

Pihak Malaka terhambat oleh pertikaian antara Sultan Mahmud dan putranya, Sultan Ahmad yang baru saja diserahi kekuasaan atas negara namun dibunuh atas perintah ayahnya. Malaka akhirnya berhasil ditaklukan oleh Portugis.

 





Albuquerque menetap di Malaka sampai bulan November 1511, dan selama itu dia mempersiapkan pertahanan Malaka untuk menahan setiap serangan balasan orang-orang Melayu. 

Dia juga memerintahkan kapal-kapal yang pertama untuk mencari Kepulauan Rempah. Sesudah itu dia berangkat ke India dengan kapal besar, dia berhasil meloloskan diri ketika kapal itu karam di lepas pantai Sumatera beserta semua barang rampasan yang dijarah di Malaka.

 

SILAHKAN KIRIM JAWABAN ANDA KEPADA GURU MELALUI WHATSAPP