MATERI SEJARAH PEMINATAN KELAS XII BAB II B.PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI INFORMASI DAN TRANPORTASI

 



KEGIATAN PEMBELAJARAN 2 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI INFORMASI DAN TRANPORTASI
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran 2 ini kalian diharapkan mampu menjelaskan tentang Teknologi Komunikasi Informasi dan Transportasi serta membuat laporan tertulis tentang Teknologi Komunikasi Informasi dan Transportasi.

 


B. Uraian Materi


1. Sejarah Perkembangan Komunikasi Informasi


Antara teknologi komunikasi dan informasi saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses atau mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. 

Sedangkan teknologi informasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan input, proses, dan ouput dalam sebuah pemrosesan informasi. 

 



Perkembangan teknologi komunikasi dimulai tahun 1875 ketika Alexander Graham Bell menciptakan telepon. 

Telepon ini kemudian dihubungkan dalam jaringan kabel yang menghubungkan antar daerah. Jaringan kabel telepon merupakan infrastruktur pertama yang dibangun manusia untuk kepentingan komunikasi global.


Tahun 1895 teknologi komunikasi semakin bertambah dengan ditemukannya radio oleh Guglielmo Marconi. 

 



 

Pemanfaatan radio menggunakan signal analog pada mulanya sering digunakan oleh para pelaut untuk mengirimkan pesan telegram menggunakan kode morse antara kapal yang berlayar dengan pihak stasiun operator di daratan. 

Pada masa Perang Dunia telpon dan radio menjadi sarana untuk menggerakan massa atau pasukan, menyampaikan komando lapangan, pesan diplomatic, alat pendeteksi sekaligus memata-matai.


Tahun 1940 berkembang transmisi audio-visual tanpa kabel dalam bentuk siaran televisi. 


 

Penciptaan televisi diawali oleh Paul Gootlieb Nipkow tahun 1884, Boris Rosing tahun 1907, Jhon Logie Baird tahun 1920, Kalman Tihanyi tahun 1926, dan pada tahun 1927 berturut-turut televisi disempurnakan kembali oleh Leon Theremin, Herberth E. ives, dan Philo Farnsworth.


Tahun 1945 Angkatan Bersenjata Amerika Serikat menciptakan computer pertama yang dinamakan Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC) untuk kepentingan militer. 

 



Amerika Serikat mengembangkan computer terinspirasi dari Charles Babbage yang pada tahun 1882 menemukan mesin hitung yang kemudian menjadi cikal bakal computer. Perjalanan teknologi dan komunikasi semakin menjadi dengan ditemukannya Interconnection Networking (Internet) oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat tahun 1969. 

 

Melalui internet komunikasi dengan jarak yang tidak terhingga dapat dilakukan melalui saluran telepon.


Kini akses internet semakin popular, tidak hanya sebatas alat untuk berkomunikasi melainkan sudah menjadi kebutuhan dan gaya hidup masyarakat modern. Perkembangan teknologi dan informasi senantiasa mengalami perkembangan dari masa ke masa, melibatkan uji coba dan penyempurnaan dari beberapa pihak, serta memiliki manfaat dan pengaruh luas. 

Pada abad-20 ini penggabungan istilah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi relevan seiring berpadunya teknologi computer dengan teknologi informasi.

2. Jenis-Jenis Teknologi Komunikasi dan Informasi
 

a. Handphone
Handphone merupakan telpon genggam berbentuk kecil yang bisa dibawa kemana saja. Handphone diciptakan oleh Martin Cooper tahun 1972 ketika bekerja di perusahaan Motorola. 

 



Penemuan handphone menandai pergeseran fundamental dimana sebelumnya komunikasi bersifat konvensional hanya bisa melalui telphon yang terhubung ke rumah-rumah, kini komunikasi bersifat portable kapan saja dan dimana saja antar pengguna handphone.

b. Radio internet
Radio internet merupakan layanan penyiaran audio yang ditransmisikan melalui internet. Radio internet diawali oleh Carl Malamud yang pada tahun 1993 meluncurkan internet talk radio yang berisikan wawancara terhadap para pakar computer. 

 



Layanan radio internet dapat diakses dari belahan dunia manapun dan bersifat global.

c. Televisi Teknologi Tinggi
Televisi teknologi tinggi merupakan perkembangan televisi dengan fitur dan fungsi yang lebih modern. Layar yang digunakan tipis berbentuk LCD atau LED dengan kualitas HD atau Full HD. 

 



Televisi modern dilengkapi dengan fasilitas internet, penggunaan kabel USB, dan koneksi dengan computer. Pengembangan televisi teknologi tinggi juga mempertimbangkan pemakaian daya listrik yang rendah agar hemat energy.

d. Laptop
Laptop atau computer jinjing merupakan computer portable berukuran kecil dan ringan. Laptop diciptakan oleh Adam Osborne tahun 1981. 

 



Secara umum laptop memiliki fungsi yang sama dengan computer, hanya saja ukurannya diperkecil, lebih ringan, tahan panas, dan hemat daya. Penggunaan tombol yang dulu berupa keyboard, kini berkembang menjadi touch screen dan di dalamnya dilengkapi akses internet untuk keperluan browsing.

e. Media Sosial
Media social merupakan media online yang para penggunanya dapat berinteraksi secara aktif dan up to date melalui blog, jejaring social, wiki, forum, dan dunia virtual. 

Beberapa akses yang dewasa ini diminati orang banyak diantaranya Youtube (didirikan tahun 2005 oleh Steven Chen, Chad Hurley, dan Jawed Karim), Facebook (diluncurkan tahun 2004 oleh Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes), Twitter (didirikan tahun 2007 oleh Jack Dorsey, Evan Williams, dan Biz Stones). 

 



Hal menarik jika mencermati perkembangan media social sebagaimana disebutkan tadi adalah fakta bahwa kesuksesan dapat dibangun melalui kolaborasi yang baik antara satu individu dengan individu lainnya. Penemuan-penemuan yang dilakukan pada era modern ini bisa dikatakan lebih bersifat kolektif daripada personal.

3. Sejarah perkembangan teknologi transportasi


Zaman sudah semakin modern, sarana transportasi sudah semakin maju. Mulai dari transportasi berupa ojek online sampai roket menuju luar angkasa, semuanya ada sekarang. 

Transportasi didefinisikan sebagai sarana pengangkut yang memudahkan perpindahan manusia maupun barang dari satu tempat ke tempat lain.


Pasca Revolusi Industri di Inggris dunia transportasi berjalan begitu cepat. Transportasi dapat dimanfaatkan sebagai sarana mobilitas manusia, arus distribusi barang dan jasa, maupun keperluan perang. 

 



James Watt dikenal sebagai pengembang mesin uap, setelah sebelumnya Heron pada tahun 75 masehi lebih dahulu menemukan ide mengenai mesin uap.


Tahun 1801 Richard Trevithick menciptakan kereta api uap. Selain itu tenaga uap juga digunakan pada kapal laut. Tahun 1858 Jean Lenoir menciptakan mobil yang digerakan dengan menggunakan mesin pembakaran dalam. Tahun 1879 Werner Von Siemens menciptakan kereta api listrik. Tahun 1885 Gottlieb Daimier dan Wilhem Maybach merakit sepeda motor dengan mesin berbahan bakar.


Tahun 1899 Ferdinan Von Zeppelin menerbangkan balon udara. Tahun 1903 Orville dan Wilbur Wright menerbangkan pesawat terbang. Semua jenis transportasi dari mulai kereta api, kapal laut, mobil, motor, balon udara, sampai pesawat terbang masih bisa kita temui dan nikmati pada masa sekarang. 

Semuanya itu seiring berjalannya waktu semakin disempurnakan dari sisi teknologi dan permesinan, daya tampung, daya jelajah, serta penggunaan bahan bakar.


Jenis-jenis Teknologi Transportasi
a. Kereta Api Cepat
Dunia kereta api berkembang dari sisi kecepatan, penggunaan energy, sarana dan prasarana, tingkat keamanan, dan jalur yang digunakan. Kereta api cepat pertama dikembangkan oleh Jepang tahun 1964 dengan nama Shinkansen memiliki kecepatan 320 km per jam. 

Kini kereta api tercepat di dunia dimiliki oleh China dengan nama Shanghai Maglev memiliki kecepatan 430 km per jam. 

 



Di Spanyol dalam kereta cepat Talgo 350 penumpang dapat mengakses video dan audio pada setiap kursinya. 

Untuk keamanan seperti pada kereta cepat milik Perancis yaitu Alstom Euroduplex dilengkapi hidung sepanjang 15 meter pada bagian depan kereta untuk meminimalkan suara, getaran, dan melindungi gerbong utama jika terjadi tabrakan. Jalur kereta api juga dikembangkan berbentuk medan magnet, sehingga kereta bergerak melayang melintasi medan magnet yang muncul diantara rel dan kereta api. Untuk penggunaan bahan bakar, kereta api cepat hampir semua menerapkan konsep hemat energy dan ramah lingkungan.

b. Mobil Cepat
Mobil dengan kecepatan tinggi, hemat energy, ramah lingkungan, dan dilengkapi fitur-fitur modern serta canggih menjadi kebutuhan bagi para pengguna mobil cepat. Mobil tercepat di dunia pada tahun 2017 ini dimiliki oleh Hennessey Venom GT dengan mesin turbo yang dapat melaju pada top speed 435,3 km per jam dengan akselerasi 100 km per jam dalam waktu 2,4 detik. 

 



Mobil-mobil di era modern sudah dilengkapi dengan fasilitas audio, video, dan jaringan internet di dalamnya. Penggunaan air bag dan sensor menjadi pengamanan utama ketika mobil mengalami benturan. Yang menarik perusahaan mobil Nissan dari Jepang sedang menjalin kerja sama dengan NASA dari Amerika Serikat untuk mengembangkan teknologi mobil tanpa supir atau mobil otonom. Dimasa depan diprediksikan mobil otonom ini akan menarik perhatian dan diminati oleh masyarakat luas.


c. Motor Cepat
Motor tercepat dunia di produksi tahun 2003 dengan nama Dodge Tomahawk. Motor ini memiliki kecepatan 675,9 km per jam dan dapat menampung 8,3 liter bensin. Penggunaan liquid cooled system pada motor cepat membuat suhu motor menjadi stabil. 

System injeksi yang ditanamkan membuat informasi di dalam tubuh motor tersimpan hanya dalam satu chip saja. Selain itu pengunaan elektromagnetik dalam teknologi motor dapat menghemat bahan bakar secara signifikan.

d. Pesawat Cepat
Pesawat komersil tercepat dunia adalah pesawat Concorde yang dikembangkan oleh perusahaan Boeing dan NASA dengan kecepatan 2500 mil per jam. 

 



Dengan asumsi jarak London-Sydney bisa ditempuh hanya dalam waktu 4 jam, yang jika dibandingkan pesawat komersil biasa memerlukan waktu 20 jam lebih. Penggunaan teknologi auto pilot juga memudahkan kerja pilot dalam mengendalikan pesawat. 

Perusahaan pesawat terbang dunia kini didominasi oleh perusahaan Boeing (Amerika Serikat) dan Airbus (Perancis). 

Sebenarnya bangsa Indonesia pernah memiliki perusahaan Industry Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) yang dipimpin oleh B. J. Habibie memproduksi pesawat. 

Pada tahun 1995 pesawat N-250 menjalani terbang perdana, namun krisis ekonomi tahun 1998 membuat program ini terhambat. 

Kini pemerintahan Joko Widodo melalui PT. Regio Aviasi Industry yang dipimpin oleh Ilham Akbar Habibie berencana meneruskan proyek pesawat terbang tersebut dengan nama R-80 dan memasukannya dalam proyek strategis nasional.


e. Kapal Cepat
Kapal tercepat dunia bernama Fransisco yang dikembangkan tahun 2013 oleh perusahaan Incat (Australia). Kapal ini berbahan bakar gas, ramah lingkungan, memiliki daya tampung besar, dan dapat menempuh kecepatan 58 knot atau 67 mil per jam. 

 



Di Indonesia kapal Ferry yang melayani perjalanan Jakarta-Jepara mampu menempuh perjalanan 500 km per 5 jam. Indonesia juga memiliki kapal yang masuk kategori mewah yaitu KMP Port Link. 

Kapal ini dibuat di Harland and Wolff Ltd Belfast, Inggris, ditempat yang sama kapal Titanic pernah dibuat. KMP Port Link mampu mengangkat 1500 penumpang dan dilengkapi fasilitas mini market, bar, cafe serta bioskop.


4. Dampak Teknologi Komunikasi Informasi
a. Memudahkan masyarakat dalam mengakses berbagai informasi secara cepat, kapan saja, dan dimana saja
b. Membuka wawasan terutama dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
c. Mendorong modernisasi dan perubahan dalam masyarakat
d. Melahirkan gaya hidup baru terutama pada masyarakat perkotaan
e. Membuka jaringan social, politik, ekonomi, dan budaya secara lebih luas dan global


5. Dampak Teknologi Transportasi
a. Memudahkan masyarakat dalam melakukan mobilitas sosial geografis
b. Membuka ruang antara satu tempat dengan tempat lainnya
c. memperlancar arus produksi, distribusi, dan konsumsi barang atau jasa
d. Menambah fasilitas dan pelayanan dalam transportasi berbasis public
e. Sebagai tolak ukur kemajuan pembangunan di suatu negara

C. Rangkuman


1. Teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses atau mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.
2. Teknologi informasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan input, proses, dan ouput dalam sebuah pemrosesan informasi.
3. Teknologi komunikasi telepon diciptakan oleh Aexander Graham Bell
4. Teknologi komunikasi radio diciptakan oleh Guglielmo Marconi
5. Teknologi televisi diciptakan oleh Paul Gootlieb Nipkow
6. Teknologi computer diciptakan oleh Charles Babbage
7. Teknologi internet diciptakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat
8. Perkembangan teknologi dan informasi senantiasa mengalami perkembangan dari masa ke masa, melibatkan uji coba dan penyempurnaan dari beberapa pihak, serta memiliki manfaat dan pengaruh luas.
9. Jenis-jenis pengembangan teknologi komunikasi informasi antara lain: Handphone, radio internet, televisi canggih, laptop, dan media social
10. Dunia transportasi berjalan cepat pasca Revolusi Industry
11. Ide teknologi mesin uap ditemukan oleh Heron kemudian dikembangkan oleh James Watt
12. Teknologi kereta api uap diciptakan oleh Richard Trevithick
13. Teknologi kereta api listrik diciptakan oleh Werner Von Siemens
14. Teknologi mobil bermesin pembakaran dalam diciptakan oleh Jean Lenoir
15. Teknologi motor berbahan bakar diciptakan oleh Gottlieb Daimier dan Wilhem Maybach
16. Teknologi balon udara diciptakan oleh Ferdinan Von Zeppelin
17. Teknologi pesawat terbang diciptakan oleh Orville dan Wilbur Wright
18. Jenis-jenis teknologi transportasi antara lain: kereta api cepat, mobil cepat, motor cepat, kapal laut cepat, dan pesawat cepat
19. Dampak Teknologi Komunikasi Informasi antara lain: memudahkan masyarakat dalam mengakses berbagai informasi secara cepat, kapan saja, dan dimana saja; membuka wawasan terutama dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; mendorong modernisasi dan perubahan dalam masyarakat; melahirkan gaya hidup baru terutama pada masyarakat perkotaan; membuka jaringan social, politik, ekonomi, dan budaya secara
20. Dampak Teknologi Transportasi antara lain: memudahkan masyarakat dalam melakukan mobilitas sosial geografis; membuka ruang antara satu tempat dengan tempat lainnya; memperlancar arus produksi, distribusi, dan konsumsi barang atau jasa; menambah fasilitas dan pelayanan dalam transportasi berbasis public; sebagai tolak ukur kemajuan pembangunan di suatu negara
 

D. Latihan Soal
 

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan memilih salah satu jawaban yang benar dan kirimkan kepada guru melalui Whatsapp !


1. Radio pada awalnya digunakan oleh para pelaut untuk mengirimkan pesan telegram menggunakan kode morse kepada stasiun operator di daratan. Tokoh penemu radio adalah … 

A. Alaxander Graham Bell
B. Guglielmo Marconi 

C. James Watt 

D. Wilbur Wright
E. Thomas Alfa Edison 

2. Hand Phone merupakan alat komunikasi yang ditemukan oleh …
A. Martin Cooper
B. Alaxander Graham Bell
C. Guglielmo Marconi
D. James Watt
E. Tesla


3. Zaman modern yang ditandai dengan perkembangan IPTEK, di Eropa dimulai dengan adanya …
A. peradaban Yunani-Romawi
B. Renaissance
C. Penerjemahan
D. Revolusi Industri
E. Aufklarung


4. Pencipta kereta api uap pertama di dunia adalah …
A. Richard Trevithick B. Wilbur Wright
C. Thomas Alfa Edison
D. Ferdinan Von Zeppelin
E. Tesla


5. Kereta api cepat pertama dikembangkan oleh Jepang tahun 1964 dengan nama …
A. Shinkansen
B. Shanghai Maglev
C. Talgo
D. Alstom Euroduplex
E. Shuriken