MATERI BIOLOGI KELAS X BAB VI B.PROTISTA MIRIP JAMUR

 


KEGIATAN PEMBELAJARAN 2 PROTISTA MIRIP JAMUR
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran 2 ini diharapkan dapat :
1. Memahami ciri-ciri protista mirip jamur.
2. Memahami dasar pengelompokan protista mirip jamur
3. Memahami peranan protista mirip jamur bagi kehidupan manusia

B. Uraian Materi
Jika pada pembahasan sebelumnya kita telah membahas tentang jenis-jenis protista mirip hewan, maka pada pembahasan kali ini, kita akan membahas tentang subkingdom protista, yaitu protista mirip jamur.

Protista Mirip Jamur
Protista mirip jamur memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
1. Bersifat eukariotik.
2. Tidak memiliki klorofil.
3. Dapat menghasilkan spora.
4. Bersifat heterotrof.

Protista mirip jamur tidak dimasukkan ke dalam kingdom Fungi (jamur) karena struktur tubuh dan cara reproduksinya berbeda dengan kelompok Fungi. Sebagai contoh, jamur lendir yang merupakan anggota Protista mirip jamur memiliki struktur molekul membran sel yang mirip dengan Algae, sedangkan reproduksinya mirip dengan jamur. Sementara itu, gerakan pada fase vegetatifnya mirip dengan Amoeba.

Klasifikasi Protista Mirip Jamur
Protista mirip jamur dibagi ke dalam tiga filum, yaitu Myxomycota (jamur lendir plasmodial), Oomycota (jamur air), dan Acrasiomycota (jamur lendir bersekat).

1. Myxomycota (jamur lendir plasmodial)
Jamur lendir bersifat heterotrof fagosit dan memiliki fase makan berbentuk massa ameboid (seperti Amoeba) dalam siklus hidupnya, yang disebut plasmodium.
Struktur tubuh Myxomycota, Struktur vegetatif yang disebut plasmodium berupa massa sitoplasma berinti banyak dan tidak dibatasi oleh sekat yang kuat. Nukleus pada plasmodium umumnya bersifat diploid dan dapat membelah secara mitosis dalam waktu yang bersamaan. Plasmodium umumnya berwarna cerah seperti kuning atau oranye. 

 

Disebut sebagai jamur lendir dikarenakan mempunyai penampakan yang mengilap, basah, bertekstur layaknya gelatin, dan juga terlihat lebih mirip jamur daripada yang lainnya. Tubuh dari jamur lendir ada yang berwarna putih, namun sebagian besar berwarna kuning ataupun merah. Dalam ekosistemnya, jamur lendir berperan sebagai dekomposer. Tanah lembab, kayu busuk, atau daun busuk, adalah habitat dari jamur lendir.

Tubuh buah Myxomycota

 

Cara reproduksi Myxomycota
Myxomycota bereproduksi secara aseksual dan seksual. Reproduksi Myxomycota secara aseksual dilakukan dengan membentuk sporangium dan secara seksual dilakukan dengan singami antara sesama sel ameboid atau sesama sel berflagela.

2. Oomycota
Oomycota yang berarti jamur air disebut juga dengan jamur karat putih atau jamur berbulu halus.

a. Struktur tubuh Oomycota
Oomycota merupakan organisme uniseluler atau multiseluler dengan dinding dari bahan selulosa. Oomycota yang multiseluler memiliki hifa yang halus, tidak bersekat-sekat, dan berinti banyak (senositik).

b. Cara hidup Oomycota
Oomycota merupakan organisme heterotrof yang menguraikan organisme mati (saprofit) atau sebagai parasit pada organisme lainnya.

c. Cara reproduksi Oomycota
Oomycota bereproduksi secara aseksual dan seksual. Reproduksi aseksual dilakukan dengan cara membentuk zoospora berflagela dua. Reproduksi ini dilakukan jika kondisi lingkungan menguntungkan dan tersedia banyak makanan. Sementara itu, reproduksi secara seksual dilakukan dengan fertilisasi antara sel telur dan inti sperma yang menghasilkan zigot resisten (oospora). Reproduksi ini dilakukan jika lingkungan dalam kondisi buruk.

d. Contoh-contoh Oomycota
Organisme yang merupakan anggota dari Oomycota adalah sebagai berikut.
1) Saprolegnia sp. adalah parasit pada ikan dan serangga yang dapat hidup di air tawar dengan suhu 3 – 330C. Beberapa spesies Saprolegnia antara lain adalah Saprolegnia australis dan Saprolegnia ferax.
2) Phythophthora sp. adalah parasit pada tanaman budidaya. Beberapa spesies Phythophthora adalah sebagai berikut.
3) Phythophthora infestans adalah parasit pada tanaman kentang dan tomat.

3. Acrasiomycota
Ciri-ciri Acrasiomycota
a. Acrasiomycota adalah jamur lendir bersekat. Jamur ini memiliki fase makan berupa sel-sel yang hidup soliter. Akan tetapi, jika makanannya habis, sel-sel tersebut akan membentuk agregat (koloni) dalam suatu unit. Dalam satu unit agregat, terdapat 125.000 sel. Agregat ini dapat berpindah-pindah tempat.
b. Acrasiomycota bersifat haploid dan zigotnya bersifat diploid.
c. Acrasiomycota menghasilkan sel-sel ameboid dan myxamoeba.
d. Pada fase makan, sel soliter akan membentuk kaki-kaki semu
e. (pseudopodia) untuk bergerak dan memakan bakteri.
f. Habitat Acrasiomycota hidup di tempat-tempat yang mengandung kotoran dan vegetasi yang sudah membusuk. Acrasiomycota bereproduksi secara aseksual dan seksual. Reproduksi aseksual dilakukan dengan cara membentuk tubuh buah (fruiting body) yang berisi spora dan memiliki batang penyokong (stalk). Sementara itu, reproduksi seksual dilakukan dengan cara singami sel ameboid.

C. Rangkuman
Protista mirip jamur memiliki ciri-ciri bersifat eukariotik, tidak memiliki klorofil, dapat menghasilkan spora, bersifat heterotrof. Protista mirip jamur tidak dimasukkan ke dalam kingdom Fungi (jamur) karena struktur tubuh dan cara reproduksinya berbeda dengan kelompok Fungi. Sebagai contoh, jamur lendir yang merupakan anggota Protista mirip jamur memiliki struktur molekul membran sel yang mirip dengan Algae, sedangkan reproduksinya mirip dengan jamur. Sementara itu, gerakan pada fase vegetatifnya mirip dengan Amoeba. Protista mirip jamur dibagi ke dalam tiga filum, yaitu Myxomycota (jamur lendir plasmodial), Oomycota (jamur air), dan Acrasiomycota (jamur lendir bersekat).

D. Latihan Soal
Untuk mengukur kemampuan dalam pembelajaran 2 kalian dapat menjawab soal-soal berikut ini. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat.
 

1. Daur hidup protista mirip jamur yang bergerak amuboid untuk mengelilingi dan menelan bahan makanan, ditemukan pada …
A. Fase generatif Acrasiomycota
B. Fase generatif Myxomycota
C. Fase generatif Oomycota
D. Fase vegetatif Myxomycota
E. Fase vegetatif Oomycota
 

2. Perhatikan ciri protista berikut ini !
1) Eukariotik
2) Tidak mempunyai klorofil
3) Mempunyai klorofil
4) prokariotik
Berdasarkan ciri di atas yang merupakan ciri protista mirip jamur adalah...
A. 1) dan 2)
B. 1) dan 3)
C. 1) dan 4
D. 2) dan 3)
E. 2) dan 4)
 

3. Perhatikan gambar di bawah ini !


 


Berdasarkan gambar merupakan kelompok.....
A. Myxomycota
B. Oomycota
C. Acrasiomycota
D. Basidiomycota
E. Ascomycota
 

4. Perhatikan daur hidup Acrasiomycota berikut ini !


 

Berdasarkan gambar reproduksi secara seksual adalah nomor...
A. 1-2-3-4
B. 5-6-7-8
C. 6-7-8-9
D. 7-8-9-10
E. 9-10-11-12
 

5. Kelompok Protista mirip jamur yang reproduksi secara seksual dilakukan dengan fertilisasi antara sel telur dan inti sperma yang menghasilkan zigot resisten (oospora) adalah kelompok ...
A. Myxomycota
B. Oomycota
C. Acrasiomycota
D. Basidiomycota
E. Ascomycota
 

6. Kelompok Oomycota yang sering merugikan karena dapat merusak tanaman kentang dan tomat adalah ....
A. Saprolegnia sp.
B. Saprolegnia australis
C. Phythophthora infestans
D. Phythium sp
E. Plasmopara viticola