MATERI MATEMATIKA KELAS X BAB IX ATURAN SINUS DAN COSINUS


 

 Aturan Sinus dan Cosinus
B. Kompetensi Dasar
3. 9 Menjelaskan aturan sinus dan cosinus
4.9 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aturan sinus dan cosinus

Deskripsi Singkat Materi
Matematika adalah hasil sebuah pemikiran manusia terhadap fenomena yang terkaji yang ada disekitar kita dan bagaimana kita dapat menyelesaikannya. Kejadian disekitar kita tidak langsung berhuhungan dengan matematika, namun matematika adalah alat bantu supaya masalah yang kita hadapi dapat kita selesaikan. Hal ini membuat mengapa matematika salah satu ilmu penting yang harus kita kuasai.

 



Salah satu cabang matematika adalah Trigonometri. Trigonometri adalah suatu sistem perhitungan yang berkaitan dengan panjang dan sudut pada segitiga. Trigonometri banyak membantu disiplin ilmu lain dalam perhitungannya, seperti astronomi termasuk navigasi, di laut, udara, dan angkasa, teori musik, akustik, optik dan masih banyak lagi.

Aturan Sinus dan Cosinus merupakan salah satu hasil dari penerapan Trigonometri dalam bidang kehidupan sehari-hari.
Perhatikan ilustrasi berikut!





Amin berdiri sejauh 20 meter dari sebuah pohon dan memandang pucuk pohon cemara dengan sudut pandang sebesar 30⁰.
Bagaimana cara kita menentukan tinggi pohon cemara?

Permasalahan di atas dapat kita selesaikan dengan menggunakan trigonometri.
Aplikasi trigonometri yang sering kita gunakan adalah dikenal dengan Aturan Sinus, Aturan Cosinus dan Luas Segitiga. Aturan Sinus adalah aturan penting yang berfungsi untuk menghubungkan sisi dan sudut segitiga. Aturan Sinus dapat digunakan dalam segitiga apapun dengan sisi dan sudut berlawanannya diketahui.

Sedangkan aturan Cosinus adalah menghubungkan ketiga sisi ke satu sudut. Aturan Cosinus digunakan untuk menjelaskan hubungan antara nilai Cosinus dan kuadrat panjang sisi pada salah satu sudut segitiga. 

Sementara aturan Luas Segitiga digunakan untuk menentukan luas segitiga jika diketahu sudut apit dan sisi apit dari sebuah segitiga.

Selain Aturan Sinus dan Aturan Cosinus, maka ada juga aturan dalam segitiga yang terkait dengan Luas Segitiga. Suatu segitiga sembarang dapat kita hitung luasnya tidak hanya dengan menggunakan rumus luas segitiga biasa yang kita kerjakan, namun dengan menggunakan trigonometri.

 

PERTEMUAN PERTAMA

 

PERTEMUAN KEDUA

 

 

PENILAIAN AKHIR HARIAN