MATERI BAHASA INDONESIA KELAS X BAB IV BELAJAR MENJADI NEGOSIATOR ULUNG

 



Pertanyaan Pemantik
1. Apa yang kalian ketahui tentang teks negosiasi?
2. Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dalam bernegosiasi?
3. Apa ciri-ciri atau karakteristik teks negosiasi?

 




Untuk mendukung pemahaman awal kalian tentang teks negosiasi, silakan isi tabel berikut dengan tanda centang (✔) sesuai dengan peristiwa yang pernah kalian alami.


 



Jika pernah melakukan semua hal tersebut, tanpa disadari kalian telah melakukan kegiatan negosiasi. Pada bab ini, kalian akan lebih mendalami teks negosiasi melalui kegiatan menyimak, membaca, memirsa, menulis, dan mempresentasikan teks negosiasi. 

 

 

Setelah pembelajaran ini, kalian diharapkan mampu mengidentifikasi, menemukan, dan memahami informasi, baik dalam teks maupun pada berbagai sumber pendukung lainnya.

Selain itu, kalian juga akan belajar menulis dan mempresentasikan teks negosiasi.

 




Negosiasi pada dasarnya merupakan kegiatan berunding atau tawar menawar untuk mencapai kesepakatan atau persetujuan bersama antara beberapa pihak. Kesepakatan tersebut merupakan hal yang disetujui bersama setelah mengatasi berbagai perbedaan atau perselisihan antara dua belah pihak. 

Untuk lebih memahaminya, berikut ini dialog tawar menawar antara pembeli dan penjual. Cermatilah dengan saksama. Kalian juga dapat memperagakan di depan kelas. Setelah itu, silakan berdiskusi untuk menjawab beberapa pertanyaan di bawahnya.

 



 




Setelah mencermati teks di atas, silakan kalian berdiskusi untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut.
1. Berdasarkan teks tersebut, apakah terdapat kegiatan tawar-menawar
antara kedua belah pihak? Jelaskan buktinya!
2. Jelaskan siapakah kedua belah pihak yang terdapat dalam teks tersebut?
3. Apa kepentingan atau permintaan pihak pembeli?
4. Apa kepentingan atau penawaran pihak penjual?
5. Sekalipun pada awalnya terdapat perbedaan atau ketidaksepakatan antara kedua belah pihak, akhirnya keduanya bersepakat atau mencapai persetujuan.

Apa kesepakatan yang terjadi antara kedua belah pihak? Jelaskan!
 

Sebagai dasar pemahaman kalian, silakan telusuri beberapa pengertian/ definisi negosiasi dari berbagai sumber! Kalian juga dapat merumuskan definisi negosiasi berdasarkan pemahaman kalian sendiri.

Tulislah definisi negosiasi menurut beberapa sumber pada isian tabel di bawah ini!