Materi IPA Kelas X BAB VII Keanekaragaman Mahkluk Hidup, Interaksi, dan Peranannya di Alam

 




Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari Bab ini, Kalian dapat
1) mengidentifikasi tingkatan keanekaragaman hayati,
2) mendeskripsikan keanekaragaman hayati Indonesia dan peranannya,
3) merumuskan upaya pelestarian keanekaragaman hayati,
4) mengelompokkan mahkluk hidup, dan
5) menganalisis interaksi mahkluk hidup dalam ekosistemnya.

Pernahkah Kalian melihat burung pada gambar halaman depan Bab 7? Gambar tersebut adalah sepasang burung jalak Bali. 

 



Jalak bali merupakan hewan endemik yang hanya ada di Pulau Bali Bagian Barat tepatnya di Taman Nasional Bali Barat. Hewan endemik adalah spesies hewan alami yang hanya ditemukan di satu tempat dan tidak ditemukan di tempat lain.

 

Burung ini memiliki bulu berwarna putih bersih diseluruh tubuhnya dan bulu hitam pada bagian sayap dan ekornya serta pelupuk matanya berwarna biru tua yang mengelilingi bola mata. Burung ini hidup dengan memakan cacing, serangga dan buah-buahan seperti juwet dan jambu, sehingga secara alami burung ini berperan sebagai pengontrol hama, pemencar biji dan sebagai pollinator.

Selain itu secara ekonomi, burung ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Bali.


Sayangnya populasi Jalak Bali mengalami penurunan jumlah, pada tahun 1984 tercatat sebanyak 125 – 180 ekor dan pada tahun 1990 tercatat 12-18 ekor. Banyak faktor alami dan non alami yang menyebabkan penurunan populasi burung ini, termasuk akibat aktivitas manusia.


Itulah sebabnya burung ini merupakan burung yang dilindungi sejak tahun 1970 dan tidak diijinkan untuk dipelihara diluar habitat aslinya karena termasuk katagori hewan yang terancam punah. Sangat disayangkan jika kekayaan hayati Indonesia ini harus punah bukan?

 
Pelestarian burung jalak bali harus dilakukan baik itu dengan mengurangi aktivitas manusia seperti perburuan maupun proses penangkaran untuk memperbanyak jumlah burung jalak Bali.


Pada Bab 7 Kalian akan mempelajari keanekaragaman mahkluk hidup, manfaat keanekaragaman hayati dan perlunya melestarikan, pengelompokan mahkluk hidup dan peranan mahkluk hidup dalam ekosistem.

Selama belajar bab ini Kalian akan mengerjakan proyek setahap demi setahap yang berkaitan dengan penyelidikan keanekaragaman hayati yang ada di daerah sekitar Kalian.