Cara Cepat dan Mudah Menulis Arab Secara Online

 




Saat mengerjakan tugas dengan menyisipkan huruf arab disertai barisnya  kita kadang merasa kesulitan . Hal itu tak lepas karena  kita terbiasa menulis huruf latin di keyboard baik di komputer, laptop  maupun di smartphone android.

Padahal, huruf arab bagi orang Islam sudah sangat familiar dan untuk membuat tulisan arab, terutama bagi para siswa madrasah ,  mahasiswa di IAIN/UIN atau para ustadz, sering merasa kesulitan karena tidak terbiasa menuliskan huruf arab di word di mana keyboardnya masih menggunakan huruf latin.

Tentu cukup sulit juga mengingat huruf per huruf di keyboard untuk menulis huruf arab di komputer. 

 

 

Seiring kemajuan teknologi , para praktisi internet telah berkreasi untuk memudahkan kita menulis arab secara online sehingga  menulis arab lebih mudah dibandingkan kita menulis arab di word atau menggunakan keyboard



Situs-situs yang mendukung kita untuk mempermudah menulis huruf arab online telah bermunculan, bahkan google sendiri telah menyedian tools juga buat kita yang mau menulis huruf arab secara online namun masih huruf gundul alias tanpa baris.
 

Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara menulis arab online yang harus kita ketahui:

Cara menulis arab online yang pertama adalah dengan memanfaatkan keyboard huruf arab yang disediakan oleh situs-situs arabic keyboard.

Arabic Keyboard Online ini memudahkan banget bagi siapa saja yang mau menulis huruf arab secara online.

    
Untuk menulis huruf arab online lewat situs arabic keyboard online ini, kita cukup menggunakan mouse kita lalu kita arahkan ke keyboard semacam keyboard virtual.

Jadi kita tidak mengetik lewat keyboard yang ada di komputer atau laptop kita.

Kita cukup mengklik setiap huruf yang ada di keyboard online.

Kelebihan dari Keyboard online ini, kita bisa menulis arab gundul maupun menulis arab berharokat dengan mudah, karena kita tinggal mengklik saja harokatnya baik fathah, kasroh, dhommah, fathah tanwin, kasroh tanwin, dhommah tanwin, tasydid, dan sukun.

Nah, buat kalian yang mau mencoba menulis arab online melalui situs-situs arabic keyboard online silakan langsung saja buka situs-situs berikut:

1. KLIK www.arabic-keyboard.org , mudah banget nulis bahasa arab online di situs ini.


 

 

2. KLIK    https://www.lexilogos.com/keyboard/arabic.htm , mantap bukan?


 

 

3. KLIK   https://www.branah.com/arabic silakan coba menulis arab online di sini.


 

 

Dan masih banyak lagi situs-situs arabic keyboard online lain selanjutnya. Situs-situs tersebut juga biasanya tidak hanya menyediakan layanan penulisan huruf arab online tetapi juga huruf-huruf lainnya seperti cina, jepang, dan lain-lain.

Kalau admin , lebih senang menggunakan situs nomor 1 sebab sangat mudah mengetik dan memberi baris ( arahkan saya mouse ke keyboard virtual saat situs tersebut terbuka ) kemudian tinggal copy dan paste di office word / notepad atau pesan whatsapp hingga status komentar medsos .