LKS GEOGRAFI PEMINATAN SMA/MA KELAS XII BAB IV D. PASAR BEBAS DAN STRATEGI PEMBANGUNAN INDONESIA MENUJU NEGARA MAJU

 




Di zaman yang serba modern seperti saat ini, perdagangan bebas merupakan sesuatu yang sulit untuk dihindari. Pasar bebas merupakan satu akibat dari adanya globalisasi ekonomi dunia yang harus dihadapi.  Globalisasi merupakan sebuah sistem yang berani menembus ruas dunia sehingga menghilangkan batas-batas negara. Hampir seluruh negara didunia  telah dipengaruhi oleh sistem ekonomi perdagangan bebas atau free trade.  Adanya kebijakan  sistem pasar bebas tidak sepenuhnya memberikan dampak positif, tetapi juga memberikan dampak negatif.

1. Pengertian Pasar Bebas

Pasar bebas adalah suatu pasar di mana para penjual dan pembeli mempunyai kebebasan penuh dalam memutuskan masalah perdagangan dan bisnisnya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia mendefinisikan pasar bebas sebagai pelaksanaan pasar ekonomi melalui kompetisi bebas. 

 

 

Kompetisi bebas dapat diartikan bahwa semua negara  akan dihadapkan pada persaingan dan kompetisi yang bersifat terbuka. Siapa pun yang berhasil memenangkan persaingan atau kompetisi tersebut, dapat bertahan dalam pasar global.

Dengan tidak adanya hambatan yang diterapkan oleh pemerintah dalam melaksanakan perdagangan, tentunya terdapat kebebasan aturan, cara, dan jenis barang yang dijual.
Muncullah persaingan dagang yang sangat ketat, baik antara individu maupun perusahaan yang berada di negara yang berbeda. Pasar bebas menyebabkan terjadinya kegiatan ekspor dan impor atau penjualan dan pembelian yang dilakukan antarnegara.

Ciri-ciri sistem ekonomi pasar bebas sebagai berikut.
a. Alat dan sumber produksi dapat dimiliki dan diatur oleh perseorangan, masyarakat, atau perusahaan.
b. Terdapat pembagian kelas dalam masyarakat, yaitu kelas pekerja atau buruh dan kelas pemilik modal.
c. Terjadi persaingan di antara para pengusaha untuk memperoleh laba atau keuntungan sebesar-besarnya (profit motive).
d. Pemerintah tidak melakukan campur tangan dalam pasar. Campur tangan negara dibatasi hanya pada hal-hal yang tidak dapat diusahakan oleh swasta, tetapi menjadi syarat terselenggaranya pasar bebas, misalnya keamanan negara.

2. Dampak Pasar Bebas bagi Indonesia

Pasar bebas memberikan dampak bagi kehidupan masyarakat. Berikut ini dampak positif dan negatif dari pasar bebas.
a. Dampak Positif Pasar Bebas
1) Memperluas lapangan kerja dan memperbesar peluang kerja bagi masyarakat.
2) Menambah modal atau pendapatan dalam kebutuhan ekonomi.
3) Pengusaha atau perusahaan dalam negeri Indonesia akan mendapat dorongan secara tidak langsung untuk meningkatkan produknya agar dapat bersaing dengan produk-produk luar negeri.
4) Hadirnya berbagai produk luar negeri di Indonesia akan memberikan inspirasi bagi produsen-produsen di Indonesia untuk menciptakan inovasi dalam produk- produknya.
5) Membuka kesempatan kerja sama antarnegara yang luas dalam bidang ekonomi.
6) Kegiatan produksi dalam negeri dapat meningkat secara kuantitas dan kualitas.
7) Menambah devisa negara melalui bea masuk dan biaya lain atas ekspor dan impor.
8) Melalui impor, kebutuhan dalam negeri dapat terpenuhi.
9) Mendorong pertumbuhan ekonomi suatu negara, pemerataan pendapatan masyarakat, dan stabilitas ekonomi nasional.
10) Mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam negeri.

b. Dampak Negatif Pasar Bebas
1) Barang-barang produksi dalam negeri terganggu karena masuknya barang luar negeri dijual lebih murah yang menyebabkan industri dalam negeri mengalami kerugian besar.
2) Munculnya ketergantungan dengan negara maju.
3) Terjadinya persaingan tidak sehat karena pengaruh perdagangan bebas.
4) Bila tidak mampu bersaing, pertumbuhan ekonomi negara akan mengalami kemunduran dan menyebabkan angka pengangguran meningkat.
5) Munculnya kelangkaan dalam pasar bebas.
6) Barang produksi terganggu akibat masuknya barang-barang impor yang dijual di pasar bebas.


3. Upaya Antisipasi Indonesia dalam Menghadapi Pasar Bebas

Melihat dampak pasar bebas merugikan, perlu adanya tindakan untuk mengantisipasi. Untuk mengantisipasi dampak-dampak pasar bebas yang cenderung kurang menguntungkan bagi Indonesia, ada beberapa upaya yang telah ditempuh maupun belum ditempuh oleh pemerintah.

Beberapa bentuk upaya antisipasi Indonesia dalam menghadapi pasar bebas sebagai berikut.
a. Memberikan pendidikan kepada masyarakat untuk lebih mencintai produk dalam negeri dengan terus meningkatkan mutu produk-produk dalam negeri agar lebih berkualitas. Misalnya, dengan menggiatkan program Aku Cinta Produk Indonesia (ACI).
b. Melakukan negosiasi ulang kesepakatan perdagangan bebas atau minimal menundanya, terutama untuk sektor-sektor yang belum siap.
c. Melakukan seleksi produk untuk melindungi industri nasional.
d. Mencabut pungutan retribusi yang memberatkan dunia usaha di daerah agar industri lokal menjadi lebih kompetitif.
e. Seleksi yang ketat mengenai pemeriksaan barang masuk di pelabuhan harus dilakukan karena negara lain juga melakukan hal yang sama.
f. Memberikan kemudahan dalam bentuk pendanaan, dengan cara kredit usaha dengan bunga yang rendah.
g. Mengaktifkan rambu-rambu nontarif, seperti pemberlakuan Standar Nasional Indonesia (SNI), ketentuan label, dan sejumlah peraturan lainnya terkait dengan pengamanan pasar dalam negeri.
h. Memperbaiki berbagai kebijakan ekonomi untuk menghadapi perdagangan bebas,


4. Strategi Pembangunan Indonesia untuk Menjadi Negara Maju

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Berbagai potensi yang dimiliki Indonesia tidak disia-siakan oleh bangsa Indonesia.
Pemerintah maupun penduduk Indonesia berusaha dan bekerja sama untuk memanfaatkan segala potensi semaksimal mungkin agar Indonesia menjadi negara maju.

Strategi pembangunan Indonesia menuju negara maju sebagai berikut.
a. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan cara wajib belajar duabelas tahun.
b. Meningkatkan iklim investasi dan jiwa kewirausahaan. Hal tersebut dapat diterapkan guna mengurangi budaya konsumtif dan meningkatkan produk domestik bruto (PDB).
c. Mendorong peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi iptek dan inovasi untuk menciptakan produktivitas kegiatan perekonomian.
d. Menjalin kemitraan strategis antara pemerintah dan masyarakat dalam pembangunan ekonomi perlu dikembangkan.



Tugas Mandiri
Kerjakan sesuai perintahnya!
Deskripsikan pengertian pasar bebas sesuai pemahaman Anda! Apa kelebihan dan kekurangan sistem pasar bebas? Tulislah hasilnya di buku tugas Anda! Kumpulkan hasilnya kepada guru Anda!

Tugas Kelompok
Kerjakan sesuai perintahnya!
Bentuklah kelompok beranggotakan empat siswa! Carilah beberapa contoh peristiwa yang merupakan bentuk dari pasar bebas di lingkungan sekitar Anda! Berikan ulasan mengenai contoh- contoh yang telah Anda dapatkan! Tulislah hasil pekerjaan Anda di buku tugas! Presentasikan hasilnya di depan kelas dengan santun dan percaya diri!

Kosakata
Melek huruf  : istilah bagi kualitas penduduk berdasarkan tingkat pendidikan
Melting plot : pusat atau tempat berkumpulnya penduduk suatu negara yang berasal dari berbagai pelosok negara atau etnis di dunia
Pendapatan per kapita :  jumlah pendapatan penduduk suatu negara yang diperoleh dariperhitungan hasil bagi antara jumlah pendapatan negara dengan jumlah penduduk

Karakter Anak Bangsa
Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusianya.Potensi tersebut harus dapat dimanfaatkan oleh seluruh bangsa Indonesia untuk menyongsongIndonesia menuju negara maju. Sebagai generasi penerus bangsa, Anda juga harus ikut berpartisipasi untuk menyongsong Indonesia menuju negara maju dengan cara rajin belajar.Kemajuan bangsa Indonesia pada masa yang akan datang adalah tanggung jawab generasimuda yang aktif, bertanggung jawab, dan bermoral.