MATERI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN UNTUK KELAS XI SMA/MA

 


 SEMESTER GANJIL
BAB I HAK ASASI MANUSIA DALAM PERSPEKTIF PANCASILA

Tujuan Pembelajaran 
1. Peserta didik mampu men- syukuri hak asasi manusia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sejak lahir dengan baik setelah mengetahui sifat hakiki atau kodrati HAM. 
2. Peserta didik mampu mengembangkan sikap saling menghargai dan menghormati hak asasi orang lain dengan baik setelah mengetahui jaminan hak asasi manusia dalam perspektif Pancasila. 
3. Peserta didik mampu menguraikan prinsip dan unsur serta instrumen HAM secara terperinci setelah mempelajari materi prinsip-prinsip dan instrumen HAM. 
4. Peserta didik mampu memerinci hak asasi manusia dalam nilai dasar, nilai instrumental, dan nilai praksis Pancasila dengan lengkap setelah mempelajari materi HAM berdasarkan nilai- nilai Pancasila. 
5. Peserta didik mampu mendeteksi kasus pelanggaran HAM dengan tepat setelah mengetahui jaminan HAM dalam nilai dasar, nilai instrumental, dan nilai praksis Pancasila. 
6. Peserta didik mampu menyajikan hasil analisis kasus pelanggaran HAM dengan tepat setelah mengetahui jenis kasus pelanggaran HAM beserta upaya penegakan HAM di Indonesia. 
 
A. HAKIKAT HAM klik disini ! 
B. HAM BERDASARKAN NILAI-NILAI PANCASILA  klik disini !
C. PELANGGARAN HAM DI INDONESIA klik disini !
D. PENILAI AKHIR HARIAN klik disini ! 

BAB II SISTEM DAN DEMOKRASI PANCASILA
Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik mampu menghargai nilai-nilai ketuhanan dengan penuh tanggung jawab setelah mempelajari materi sistem demokrasi Pancasila.
2. Peserta didik mampu berperilaku santun dalam kehidupan sehari-hari dengan baik setelah menyimak video tentang perilaku yang mendukung
tegaknya nilai-nilai demokrasi.
3. Peserta didik mampu menghargai nilai-nilai ketuhanan dengan penuh tanggung jawab setelah mempelajari materi sistem demokrasi Pancasila.ampu berperilaku santun dalam kehidupan sehari-hari dengan baik settem dan dinamika demokrasi di Indonesia setelah mempelajari materi tentang sistem dan dinamika demokrasi Pancasila.
4. Peserta didik mampu menyajikan hasil kajian tentang sistem dan dinamika demokrasi di Indonesia dengan benar melalui storyboard.

A. DEMOKRASI klik disini !
B.  SISTEM DAN DINAMIKA DEMOKRASI DI INDONESIA klik disini ! 
C. MEMBANGUN KEHIDUPAN YANG DEMOKRATIS klik disini !
D. PENILAIAN AKHIR HARIAN klik disini !

BAB III SISTEM HUKUM DAN PERADILAN DI INDONESIA

A. SISTEM HUKUM DI INDONESIA klik disini !
B. SISTEM PERADILAN DI INDONESIA klik disini !
C. HUKUM DALAM MASYARAKAT klik disini !
D. PENILAIAN AKHIR HARIAN klik disini !

PENILAIAN AKHIR SEMESTER ( PAS ) GANJIL  klik disini !

 

 
 

 

 

SEMESTER GENAP

BAB  I PERAN INDONESIA DALAM MEWUJUDKAN PERDAMAIAN DUNIA

Tujuan Pembelajaran

1. Peserta didik mampu menjelaskan arti hubungan internasional, subjek hukum internasional, dan pelaksanaan hubungan internasional Indonesia dengan tepat setelah menganalisis hakikat hubungan internasional melalui kegiatan kelompok dan diskusi.
2. Peserta didik dapat menunjukkanperan Indonesia dalam perdamaian dunia dengan baik setelah memanfaatkan sebuah perangkat teknologi.
3. Peserta didik mampu menunjukkan contoh nilai positif peran Indonesia dalam perdamaian dunia dengan baik setelah melakukan telaah buku dan media ataupun elektronik.
4. Peserta didik mampu menyajikan contoh hasil telaah penerapan nilai positif peran Indonesia dalam perdamaian dunia dalam kehidupan sehari-hari dengan benar setelah melakukan kegiatan membuat video pembelajaran. 

A. Bangsa Indonesia dalam Hubungan Internasional ( KLIK DISINI )

B. Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia ( KLIK DISINI )



BAB II ANCAMAN DALAM BIDANG IPOLEKSOSBUDHANKAM DAN STRATEGI MENGATASINYA

Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik mampu mempererat persatuan dan kesatuan sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan baik setelah menyimak ancaman di bidang ipoleksosbudhankam dan strategi mengatasinya.
2. Peserta didik mampu menunjukkan sikap cinta tanah air sebagai strategi mengatasi ancaman dalam berbagai bidang secara tepat setelah memahami strategi mengatasi ancaman di bidang ipoleksosbudhankam.
3. Peserta didik mampu menjelaskan kasus ancaman di bidang ipoleksosbudhankam dan strategi mengatasinya dengan benar melalui kegiatan menyimak.
4. Peserta didik mampu menyajikan kasus ancaman yang dihadapi Indonesia dan menguraikan strategi mengatasinya dengan tepat setelah melakukan berbagai kegiatan sesuai materi.

A. Kasus Ancaman di Bidang Ipoleksosbudhankam ( KLIK DISINI )

B. Strategi Mengatasi Ancaman  di Bidang Ipoleksosbudhankam ( KLIK DISINI )


BAB III PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA DALAM NKRI 

Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik mampu menguraikan makna persatuan dan kesatuan dalam NKRI dengan tepat setelah mempelajari materi persatuan dan kesatuan bangsa.
2. Peserta didik mampu memberikan contoh faktor pendorong dan penghambat persatuan dengan benar setelah memahami materi faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan.
3. Peserta didik mampu mempresentasikan hasil analisis terkait faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan dengan baik setelah melakukan kegiatan dan mengerjakan tugas.
4. Peserta didik mampu menerapkan sikap toleran terhadap keberagaman secara berkelanjutan setelah mempelajari pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa dalam NKRI.

A. Persatuan dan Kesatuan Bangsa ( KLIK DISINI )

B. Faktor Pendorong dan Penghambat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia ( KLIK DISINI )