Bimbingan TIK SLTA Belajar Excel Pemula


  

Microsoft Excel adalah salah satu software (piranti lunak) jenis spreadsheet yang dibuat oleh perusahaan raksasa Microsoft. Microsoft merupakan perusahaan yang juga membuat sistem operasi Windows yang terkenal itu. Microsoft Excel dapat berdiri sendiri atau merupakan bagian dari Microsoft Office, suatu suite programme (gabungan beberapa program namun berfungsi sebagai satu kesatuan program/saling terkoneksi satu sama lain).

Sejarah Microsoft Excel

Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang diberi nama Multiplan. Pada program buatan Microsoft ini, sistem-sistem CP/M sudah sangat populer. Pada platfor sistem operasi Microsoft DOS, Multiplan memiliki pesaing berat, yakni Lotus 1-2-3 yang sangat populer saat itu. Microsoft yang merasa terancam terus mengembangkan Multiplan yang kemudian diubah namanya menjadi Microsoft Excel yang dapat bersaing dengan Lotus 1-2-3.  
 
 


Pada tahun 1985, Microsoft Excel pertama versi Macintosh dirilis, baru dua tahun kemudian dirilis versi platform Windows. Microsoft Excel memiliki waktu rilis yang lebih dahulu dibanding Lotus 1-2-3 kala itu, sehingga membuatnya lebih laku dan lebih banyak digunakan. Sejak keberhasilan Microsoft Excel dan peminatnya yang banyak dibanding dengan program Lotus, maka dapat dibilang bahwa Microsoft Office sudah diatas angin, hampir tanpa pesaing yang berat dan kuat. Keunggulan dari Microsoft Excel adalah selalu merilis versi baru tiap dua atau tiga tahun sekali. Hal ini membuat banyak fitur yang diinginkan pengguna dapat disematkan dalam Microsoft Excel versi berikutnya. 
 
Seperti yang telah disinggung diatas, Microsoft Excel yang terakhir adalah versi 2010, termasuk juga untuk versi Macintosh. Indonesia adalah salah satu pemakai aplikasi Microsoft Excel terbesar di dunia. Meskipun tidak semuanya mendapatkan Microsoft Office yang didalamnya terdapat Excel secara legal, namun tidak dipungkiri, jumlah penggunanya cukup besar. Bahkan Excel adalah program spreadsheet yang diajarkan di sekolah-sekolah dan juga kursus akuntansi.
Demikian adalah ulasan singkat kami mengenai Microsoft Excel.

Microsoft Excel

Microsoft excel adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk pengolahan data. Aplikasi ini sangat banyak dipakai diberbagai aspek pekerjaan, mulai dari melakukan perhitungan sampai menampilkan grafik yang sangat dibutuhkan oleh instansi maupun perorangan.
Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi (perangkat lunak) yang merupakan bagian dari paket Software Microsoft Office. Perangkat lunak ini berjenis spreadsheet. Pada awal dibuatnya Microsoft Excel dapat berdiri sendiri dan bukan menjadi bagian dari Microsoft Office.

Sekarang ini Microsoft Excel sudah merupakan satu paket dengan Microsoft Office yang terdiri dari berbagai perangkat lunak yang merupakan kebutuhan kantor dewasa ini. Aplikasi yang berbentuk lembar kerja ini dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk pengguna Apple Mac OS dan Microsoft Windows. Dalam aplikasi ini tersedia fitur pembuatan grafik dan fitur kalkulasi yang sifatnya agresif dan progresif.

Diantara semua aplikasi yang tergabung dalam Office Suite, Excel adalah aplikasi kedua yang sering digunakan orang setelah Microsoft Word. Perkembangan Microsoft Excel mulai pesat saat dirilisnya versi 5.0 pada tahun 1993. Pada masa itu, program ini paling dominan digunakan dibandingkan yang lainnya. Program yang bisa dijalankan pada platform Mac OS dan Windows ini merupakan salah satu bagian dari Microsoft Office 5.0 waktu itu. Sedangkan versi yang terakhir saat ini adalah Microsoft Office 2021 yang merupakan bagian dari Microsoft Office Suite 2021 yang tentu saja rilis di tahun yang sesuai dengan namanya, yakni tahun 2021. Sedang yang akan kita pelajari adalah Excel 2010.

Berikut tampilan Excel 2010 ( untuk versi 2007 atau versi terbaru anda bisa menyesuaikan setelah mempelajari ini ) : 
 
1. Tab Ribbon, berisi groups-groups yang didalamnya terdapat beberapa tools (tombol perintah). Tab yang terdapat dalam Excel antara lain:
 
  •     Tab File, berisi beberapa perintah standar dalam pengoperasian worksheet Excel, seperti: membuka/menutup file, menyimpan data dan sebagainya
  •     Tab Home, berisi tombol-tombol perintah yang bisa digunakan untuk memformat data.
  •     Tab Insert, berisi tombol-tombol perintah untuk menyisipkan objek seperti: Picture (gambar), Clipart, diagram/chart, Pivot Table dan sebagainya.
  •      Tab Page Layout, berisi tombol-tombol perintah untuk pengaturan halaman.
  •      Tab Formulas,  berisi tombol-tombol perintah untuk menyisipkan fungsi-fungsi formula yang terdapat dalam  Excel.
  •      Tab Data, berisi tombol-tombol perintah untuk pengolahan data, seperti Sort, Filter dan Import data dari program atau aplikasi lain.
  •     Tab Review, berisi tombol-tombol perintah yang berisi pengaturan worksheet Excel yang meliputi spelling, Translate, New Comment (penambahan komentar, serta proteksi data dan workbook
  •     Tab View, berisi tombol-tombol perintah untuk pengaturan worksheet Excel (Workbook Views), Zoom, Gridlines dan tampilan beberapa jendela.
2. Groups, adalah bagian yang berisi sekumpulan tombol perintah yang terletak dibawah tab
3. Quick Access Toolbar, merupakan toolbar standar yang berisi tombol perintah yang sering digunakan, seperti tombol Save, tombol Undo dan  tombol Redo
4. Tombol Dialog,  yang terletak disebelah kanan groups dan berfungsi untuk membuka kotak dialog
5. Tombol Minimize, Maximaze, Close, untuk memperkecil, memperbesar, atau menutup tampilan  worksheet dokumen Excel
6. Tab Sheet, merupakan kartu  yang menampung nama-nama dari sheet dalam Excel, Worksheet merupakan lembar kerja yang digunakan untuk menampung dan mengolah data
7.Navigasi Sheet, merupakan tombol-tombol perintah yang berfungsi untuk berpindah antar sheet yang sedang aktif.
8.Zoom Level, merupakan bagian yang berisi tombol-tombol perintah yang mengatur besar kecilnya tampilan lembar kerja


Worksheet merupakan lembar kerja yang berupa kolom dan baris. Satu sheet terdiri dari 16.384 kolom dan 1.048.576. Jumlah ini tidak terlalu berbeda dengan Excel versi sebelumnya . Nama kolom berupa abjad dari mulai kolom A sampai dengan kolom XFD, dan nama baris berupa angka satu sampai dengan 1.048.576. 
 
Agar lebih jelas, perhatikan penjelasan bagian-bagian  pada worksheet 2010 berikut ini: 
 

 

 
1. Sel, merupakan perpotongan antara kolom dan baris yang mempunyai nama. Nama sel atau alamat sel diambil dari perpaduan antara nama kolom dan baris itu sender, misalnya: sel D5, F12 dan sebagainya.
2. Range Sel, merupakan kumpulan dari kolom, baris dan sel yang tertampung dalam worksheet
3. Select Sel, digunakan untuk memilih semua sel dalam satu worksheet
4. Name Box, adalah suatu kotak yang dipakai untuk menampung nama-nama range yang dibuat dalam Excel
5. Tab Split, merupakan tuas pemisah yang terletak diantara tab sheet dengan batang penggulung horizontal. Geser tuas split untuk mengatur ukuran lebar bagian tab sheet dengan bagian batang penggulung horizontal
6. Formula Bar, merupakan  kotak isian yang nantinya dapat berisi rumus dari data yang sedang diolah.
 
MATERI LATIHAN 1: 
a. Pilih menu START kemudian pilih icon Microsoft Excel 

 


b. Maka akan tampil lembar kerja pada excel, sebagai berikut :

 


c. Silahkan ketik data sebagai berikut dan sesuaikan dengan baris dan kolom yang tersedia : 

 


d. Kemudian blok data dari kolom A4 sampai F9, pilih icon border, seperti berikut:
 

 
 


e. Membuat judul di tengah kolom, blok judul pilih merge & center; 
 

 

 
 
 
Ketentuan soal:
1. Buatlah data seperti table di atas (untuk kolom jenis kelamin dan gaji pokok dikosongkan)
2. Untuk kolom jenis kelamin buat combo box dengan pilihan (WANITA, PRIA)
3. Untuk gaji pokok isi berdasarkan dengan pendidikan terakhir, sebagai berikut :
- Jika S3 maka Gaji Pokok 25000000
- Jika S2 maka Gaji Pokok 20000000
- Jika S1 maka Gaji Pokok 15000000
- Jika D3 maka Gaji Pokok 10000000 

Cara Mengerjakan 
- Membuat ComboBox pada Excel 2010
a. Buat terlebih dahulu table data karyawan sebagai berikut, kolom jenis kelamin kosongkan 
 

 
 


b. Blok kolom Jenis Kelamin, Kemudian buka tab Data > Data Validation > Data Validation, seperti terlihat gambar berikut:
 
 



 
LATIHAN 2 
 
 

 

 KETENTUAN SOAL:
1. Buatlah table seperti data di atas dan kosongkan kolom jenis kelamin, absensi dan kolom keterangan
2. Untuk isian total siswa, jumlah siswa hadir, jumlah siswa sakit, jumlah siswa alfa, jumlah siswa izin ditentukan berdasarkan isian pada kolom utama di atas.
3. Buat kolom jenis kelamin dengan isian pilihan (Laki-laki, Perempuan)
4. Buat kolom absensi dengan combo box
5. Buat kolom keterangan dengan isian pilihan (sakit, alfa, izin, -)
 
Cara mengerjakan 
-  membuat CheckBox pada Excel 2010
a. Siapkan Data Kehadiran Siswa Siswi, kosongkan kolom Absensi
b. Selanjutnya kita masukan fungsi Check Box ke kolom Absensi, caranya pilih tab developer, pilih bagian insert, lalu pilih dan klik Check Box (tanda centang).
 

 c. Selanjutnya Klik kanan pada Check Box, lalu pilih Format Control. Kemudian pada jendela Format Control, Klik Tab Control dan isikan pada bagian Cell Link dengan tulisan G5, klik Ok.
d. Selanjutnya tempatkan kursor pada kolom ABSENSI, kemudian masukan rumus =IF(G5=TRUE,”Hadir”,”Tidak Hadir”).
e. Selanjutnya untuk mengisi Kolom Keterangan kita manfaatkan fungsi Combo Box, caranya pilih tab Data >> Data Validation >> Data Validation, kemudian pada Allow pilih List, dan isikan Izin, Sakit, Alpha, - pada Source, Klik OK