VIDEO PEMBELAJARAN PENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI

 


Kawan kompasbelajar yang budiman , kata geografi terdiri dari “geo” dan “graphein”. Kata-kata tersebut diperkenalkan oleh seorang ilmuwan Yunani yaitu Eratosthenes yang mengemukakan bahwa bumi itu bulat.

Selain Eratosthenes, beberapa ilmuwan lainnya telah mengemukakan pendapat tentang pengertian geografi yaitu; 

Immanuel Kant; berpendapat bahwa Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang gejala yang terjadi dan benda-benda yang ada di bumi.

Berhanadus Varenius; berpendapat bahwa Geografi adalah ilmu yang membahas bentuk fisik bumi (teresterial), segala hal yang berhubungan dengan bumi (astronomis), dan deskripsi tentang bumi (komparatif).

Alexander Von Humboldt; berpendapat bahwa Geografi adalah ilmu mempelajari tentang apa yang terjadi di bumi seperti cuaca perubahan iklim dan hal-hal yang berkaitan dengan bumi.

Daljoeni; mengungkapkan bahwa Geografi adalah ilmu yang membahas tentang ruang, wilayah, dan ekologi.

Bintarto; mengatakan bahwa Geografi merupakan ilmu yang menjelaskan tentang unsur bumi, sifat bumi, gejala alam, dan segala hal tentang kehidupan yang berhubungan dengan bumi. 

Pengetahuan dasar geografi meliputi definisi geografi, ruang lingkup, aspek, objek studi, konsep esensial, prinsip, dan pendekatan geografi.
 
BERIKUT KAMI SAJIKAN MATERI VIDEO PEMBELAJARAN GEOGRAFI YANG DIAMBIL DARI BERBAGAI SUMBER