PENILAIAN AKHIR HARIAN GEOGRAFI KELAS XI BAB IV KETAHANAN PANGAN NASIONAL, PENYEDIAAN BAHAN INDUSTRI, SERTA POTENSI ENERGI BARU DAN TERBARUKAN DI INDONESIA


 

Sebelum kalian mengerjakan penilain akhir BAB 4 , alangkah baiknya membaca tiga materi harian sebelumnya dan membaca rangkuman dibawah ini. 

Pangan merupakan kebutuhan dasar utama bagi manusia yang harus dipenuhi setiap saat. Sebagai kebutuhan dasar dan salah satu hak asasi manusia, pangan mempunyai arti dan peran yang sangat penting bagi kehidupan suatu bangsa. 

Ketersediaan pangan yang lebih kecil dibandingkan kebutuhannya dapat menciptakan ketidak-stabilan ekonomi. 


Bahan baku adalah bahan mentah, barang setengah jadi yang dapat diolah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi dengan nilai ekonomi yang lebih tinggi. Bahan baku menjadi bahan utama yang digunakan dalam pembuatan produk. 


Energi terbarukan adalah semua bentuk energi yang perpotensi untuk menggantikan energi konvensional serta menghindari kerusakan lingkungan. 


Pentingnya ketersediaan pangan dapat dirasakan saat ketersediaan pangan lebih kecil dibandingkan kebutuhannya dapat menciptakan ketidak-stabilan ekonomi. Berbagai gejolak sosial dan politik dapat juga terjadi jika ketahanan pangan terganggu. Kondisi pangan yang kritis ini bahkan dapat membahayakan stabilitas ekonomi dan stabilitas Nasional.

Indonesia merupakan Negara agraris yang memiliki potensi besar dan sumber daya alam yang melimpah untuk produk pertanian. 

Di sektor pertanian Indonesia memiliki beragam jenis tenaman, hal ini didukung kondisi iklim tropis yang berbeda, dibidang tanaman pangan di Indonesia memiliki tanaman unggul seperti padi, kedelai, kacang tanah, ubi kayu dan berbagai jenis farietas yang lain. 


Perkebunan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 39 tahun 2014 tentang Perkebunan adalah segala kegiatan pengelolaan sumber daya alam, sumber daya manusia, sarana produksi, alat dan mesin, budi daya, panen, pengolahan, dan pemasaran terkait tanaman perkebunan.

Tanaman perkebunan adalah tanaman semusim atau tanaman tahunan yang jenis dan tujuan pengelolaannya ditetapkan untuk usaha perkebunan. 


Di Negara Indonesia ini ada beberapa cara dalam pemanfaatan sumber daya perikanan, yaitu perikanan tangkap, budidaya perikanan, teknologi atau industri perikanan. Perikanan tangkap adalah semua kegiatan untuk memperoleh ikan di perairan yang tidak dalam keadaan dibudidayakan dengan alat atau cara apapun, termasuk kegiatan yang menggunakan kapal untuk memuat, mengangkut, menyimpan, mendinginkan, menangani, mengolah, dan mengawatkan. 


Peternakan adalah kegiatan membudidayakan dan mengembangbiakkan hewan ternak untuk mendapatkan keuntungan dari kegiatan tersebut. Tujuan peternakan adalah mencari keuntungan dengan penerapan prinsip-prinsip manajemen pada faktor-faktor produksi yang telah dikombinasikan secara optimal. 

Kegiatan di bidang peternakan dapat dibagi atas dua golongan, yaitu peternakan hewan besar seperti sapi, kerbau dan kuda, sedang kelompok kedua yaitu peternakan hewan kecil seperti babi, kambing, domba, kelinci, dan lain-lain.

Selain untuk ketahanan pangan, sumber daya alam juga dapat digunakan untuk penyediaan bahan industri. Sumber daya alam menyediakan bahan mentah seperti kayu, besi, mineral, air minyak bumi, dan lain-lain yang akan diolah menjadi benda-benda yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.

 Pengolahan bahan mentah sebagai produksi sektor primer baik pertanian, peternakan, perhutanan, maupun petambangan dilakukan dalam industri hulu. 


Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi energi terbarukan yang cukup besar. Sebanyak 75% wilayah Indonesia merupakan perairan. Selain itu, Indonesia berada di jalur perputaran arus antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Hal ini membuat Indonesia memiliki potensi energi laut yang cukup besar. 

SILAHKAN KERJAKAN SOAL BERIKUT INI

1. Pernyataan.
a. stabilitas ekonomi Nasional;
b. gejolak sosial dan politik;
c. kestabilan ekonomi lokal;
d. ketahanan pangan terganggu.


jika ketersediaan pangan lebih kecil dibandingkan kebutuhannya maka dapat menciptakan….
A. a dan b
B. b dan c
C. c dan d
D. a dan d
E. b dan d


2. Fenomena geografi di bawah ini termasuk faktor cuaca yang mempengaruhi ketahanan pangan Indonesia …
A. penggunaan pupuk kimia
B. fenomena el nino
C. teknik contur strip
D. pembudidayaan bibit unggul
E. intensitfikasi pertanian


3. Inovasi pertanian yang memperkenalkan bibit - bibit unggul, penggunaan pupuk, pestisida, herbisida, fungisida dan bahan kimia lainnya yang semakin intensif, merupakan factor yang mendorong terjadinya …
A. intensive subsistance agriculture
B. subsistance agriculture
C. domestikasi
D. green revolution
E. neolitic revolution
 

4. Perhatikan sistem pertanian di Indonesia
1) Pengolahan tanah minimumi, produktivitas tergantung lapisan humus
2) terdapat di daerah yang berpenduduk jarang, dan sumber tanah yang terbatas.
3) Tanaman yang diusahakan tanaman pangan, baik padi, jagung maupun umbi-umbian.
Pernyataan di atas merupakan sistem pertanian…
A. ladang
B. sawah
C. tegal
D. perkebunan
E. pekarangan


5. Faktor yang dapat membantu kegiatan manusia menjadi lebih efektif dan efisien, dan kaitannya dengan ketahanan pangan juga dapat berperan dalam proses penyediaan serta pendistribusian hasil sumberdaya pangan adalah…
A. lahan
B. cuaca dan iklim
C. kulturan dan religi
D. telnologi
E. infrastruktur


6. Daerah Perkebunan tebu yang menghasilkan gula terdapat di …
A. Jawa Timur (Besuki, Kediri, dan Surabaya),
B. Jawa Tengah (Solo, Yogyakarta, dan Pekalongan),
C. Jawa Barat Cirebon,
D. Sumatera (Aceh, Lampung)
E. Sulawesi Utara.


7. Di negara Indonesia ini ada beberapa cara yang bukan dalam pemanfaatan sumber daya perikanan, yaitu…
A. perikanan tangkap,
B. budidaya perikanan,
C. teknologi perikanan
D. industri perikanan
E. rekayasa genetika
 

8. Merupakan energi yang dihasilkan dengan cara mengendalikan reaksinya kemudian diubah menjadi energi panas, kemudian menjadi listrik. Energi ini memiliki keunggulan seperti, tidak menghasilkan energi gas rumah kaca,tidak mencemari udara, biaya bahan bakar rendah, serta sedikit menghasilkan limbah padat.
Energy yang dimaksud adalah …
A. Energi batu bara
B. Energi hydrogen
C. Energi nuklis
D. Energi gas bumi
E. Energi fossil
 

9. Pernyataan
a) energi gelombang laut
b) energi pasang surut
c) energi panas laut
d) energi arus laut
e) energi biota laut
Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi energi terbarukan yang cukup menyimpan potensi besar namun belum banyak dimanfaatkan ditunjukkan pada...
A. a), b) dan c)
B. b), c) dan d)
C. c), d) dan e)
D. a), c) dan e)
E. b), d) dan e)
 

10. Peta persebaran hasil bumi


 


Propinsi Sulawesi Selatan termasuk penghasil….
A. Padi dan jagung
B. Jagung dan ubi kayu
C. Kedelai dan kacang tanah
D. Padi dan ubi kayu
E. Jagung dan kacang tanah