Materi SKI Kelas X BAB I Perkembangan Islam Masa Rasulullah SAW Periode Makkah


 



Kompetensi Dasar :
1.1. Menghayati ketetapan Allah atas hadirnya Agama Islam di Makkah sebagai solusi terhadap kerusakan masyarakat Jahiliyah
1.2. Menghayati substansi dan strategi dakwah Nabi di Makkah adalah sesuai dengan perintah Allah
1.3. Menghayati nilai-nilai spiritual dalam peristiwa hijrah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW dan para sahabat

2.1. Mengamalkan sikap santun dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial
2.2. Mengamalkan sikap damai, tanggung jawab dan santun dalam mengajak kebaikan
2.3. Mengamalkan sikap dinamis dan toleran dalam kehidupan

3.1. Menganalisis kebudayaan masyarakat Makkah sebelum Islam
3.2. Menganalisis substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
3.3. Menganalisis peristiwa hijrah yang dilakukan Rasulullah SAW dan para sahabat

4.1. Menilai kebudayaan masyarakat Makkah sebelum Islam
4.2. Menyimpulkan substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW di Makkah dan menyajikannya dalam bentuk tulisan atau media lain
4.3. Mengolah informasi tentang peristiwa hijrah Rasulullah SAW ke Madinah

Kompetensi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro- aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan. 

 

 


 


Indikator Pembelajaran
1. Menganalisis kebudayaan masyarakat Makkah sebelum Islam
2. Menganalisis substansi dan strategi dakwah Rasulullah Saw periode Makkah
3. Menganalisis peristiwa Isra‟ Mi‟raj
4. Mengidentifikasi peristiwa hijrah Rasulullah Saw

Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat menganalisis kebudayaan masyarakat Makkah sebelum Islam
2. Peserta didik dapat menganalisis substansi dan strategi dakwah Rasulullah Saw periode Makkah
3. Peserta didik dapat menganalisis peristiwa Isra  Mi'raj
4. Peserta didik dapat mengidentifikasi peristiwa hijrah Rasulullah SAW


 

 RENUNGAN : Perjalanan Dakwah Rasulullah SAW Periode Makkah penuh dengan tantangan dan rintangan. Namun semua itu dijalani Rasulullah SAW dengan kesabaran dan tawakkal kepada Allah SWT. Tantangan demi tantangan yang dihadapi Rasulullah SAW tidak melemahkan semangatnya untuk berdakwah, namun membuatnya semakin survive.

A. Kebudayaan Masyarakat Makkah Sebelum Islam


 


Amatilah gambar di atas, ceritakan dihadapan teman kalian tentang hal berikut ini :
1. Sejarah berdirinya Ka'bah
2. Bagaimana pendapat kalian tentang kebiasaan masyarakat jahiliyah yang dilakukan di sekeliling Ka‟bah
3. Sebutkan beberapa fungsi kiswah yang menutupi Ka‟bah

Para ahli sejarah menyebut masa sebelum kehadiran Islam yang dibawa oleh Rasulullah SAW sebagai masa jahiliyah. Secara bahasa masa jahiliyah berasal dari kata jahil, yang diturunkan dari kata dasar Arab jahala yang berarti bodoh.


Bangsa Arab sebelum Islam sudah mengenal dasar-dasar beberapa cabang ilmu pengetahuan, bahkan dalam hal seni sastra mereka telah mencapai tingkat kemajuan pesat. 

Negeri Arab adalah sebuah Semenanjung di ujung Barat Daya Benua Asia. Di sebelah Utara berbatasan dengan Syam, Palestina, dan al-Jazirah. Di sebelah Selatan berbatasan dengan Teluk Aden dan Samudra India. Di sebelah Timur berbatasan dengan Teluk Oman dan Teluk Persia; dan di sebelah Barat berbatasan dengan Selat Bab Al Mandib, Laut Merah dan Terusan Zues. 


Keadaan Arab khususnya daerah Makkah terdiri atas gurun pasir yang panas dan gersang. 

Hal ini mempengaruhi sikap dan perilaku masyarakat Makkah sehingga tercermin dalam kehidupan sosial budaya mereka. Orang-orang Makkah dikenal sebagai bangsa pengembara yang nomaden. Mereka sering berpindah pindah dengan mengandalkan kendaraan yang berupa unta dan kuda.


Kebiasaan mengembara membuat orang-orang Arab Makkah senang hidup bebas tanpa aturan dan hukum yang dapat mengikat mereka sehingga mereka menjunjung tinggi nilai-nilai kebebasan. Mereka senang hidup mengelompok yang tergabung dalam kabilah atau suku yang sangat banyak jumlahnya. 

 

F. Tugas dan Kegiatan
1. Tugas Mandiri
a. Secara mandiri buatlah identifikasi tentang kebudayaan positif dan kebudayaan negatif dalam bidang sosial, ekonomi, pertahanan, bahasa, pengetahuan dan lainnya yang muncul pada masa sekarang dengan mengisi tabel dibawah ini :


 

Setelah teridenifikasi dengan baik, kemukakan pendapatmu bagaimana cara agar kita terhindar dari pengaruh kebudayaan negatif.
b. Portofolio
Buatlah rangkuman singkat tentang sejarah Rasulullah SAW dari lahir hingga peristiwa hijrah ke Yatsrib. Ketiklah pekerjaan kalian dengan berbagai pilihan bentuk (cerpen, fiksi, karikatur, illustrasi dan lain-lain) minimal lima halaman kwarto dua spasi, dan kumpulkan pekerjaan kalian dua minggu sebelum Penilaian Akhir Semester.


2. Kegiatan Kelompok
a. Bentuklah kelompok diskusi berjumlah empat orang !
b. Diskusikan tentang cara dakwah Rasulullah SAW di Makkah dan bandingkan dengan cara dakwah yang dilakukan oleh para ulama masa sekarang !
c. Maraknya penggunaan media sosial membuat aktifitas dakwah juga bisa dilakukan melalui media sosial, kemukakan pendapat kalian sejauh mana media sosial
berpengaruh terhadap aktiftas dakwah !
d. Prsentasikan hasil diskusi kalian di depan kelas !




G. Rangkuman
1. Dari segi keyakinan, bangsa Arab masa jahiliyah terbagi menjadi beberapa golongan; golongan yang mengingkari sang pencipta dan hari kebangkitan, golongan yang mengakui adanya Tuhan namun mengingkari hari kebangkitan, golongan penyembah berhala, golongan yang mengikuti ajaran Yahudi dan Nasrani.
2. Kebudayaan masa jahiliyah yang positif antara lain; tradisi keilmuan, berdagang, bertani, bersyair, menghormati tamu.
3. Dari sisi sosial kehidupan masyarakat Arab terbagi menjadi dua bagian besar, yaitu masyarakat perkotaan (Ahlul Hadhar) yang telah menetap dan memiliki peradaban lebih maju, dan masyarakat pedalaman (Badui) yang hidupnya nomaden dan belum memiliki peradaban yang maju.
4. Strategi dakwah Rasulullah Saw periode Makkah dilakukan dengan dua cara yaitu sembunyi-sembunyi dan terang-terangan.
5. Masa kenabian adalah sejak Rasulullah Saw menerima wahyu pertama, sedangkan masa kerasulan adalah sejak Rasulullah Saw menerima wahyu QS. Al-Muddatstsir (74) ayat : 1-7.
6. Peristiwa-peristiwa penting dalam dakwah Rasulullah Saw periode Makkah antara lain; hijrah ke Habaysah, Amul Huzni, Isra Mi‟raj, hijrah keYasrib

H. Uji Kompetensi
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan jelas !
1. Sebutkan tiga budaya negatif masyarakat Arab Jahiliyah, dan bagaimana pendapat kalian tentang budaya jahiliyah tersebut !
2. Apa saja budaya positif masyarakat Arab jahiliyah yang hingga kini masih relevan untuk dilakukan, sebutkan dan jelaskan alasan kalian !
3. Benarkah paman Rasulullah Saw, Abu Thalib wafat dalam keadaan beriman, jelaskan pendapat kalian !
4. Sebutkan substansi dakwah Rasulullah Saw periode Makkah !
5. Apa yang menjadi latar belakang Allah Swt memerjalankan Rasulullah Saw dalam peristiwa Isra Mi‟raj ?
6. Dalam perjalanan Isra Mi‟raj Rasulullah SAW bertemu dengan Nabi Musa AS, apa Ibrah yang bisa diambil dari peristiwa tersebut ?
7. Bagaimanakah sikap Rasulullah SAW ketika mendapatkan perintah shalat 50 waktu ?
8. Bagaimanakah sebaiknya sebagai generasi muda memaknai hijrah pada zaman sekarang, jelaskan !
9. Apa makna yang terkandung dari perjanjian Aqabah Ula dan perjanjian Aqabah Tsani, jelaskan !
10.Apa Ibrah yang bisa diambil dari peristiwa hijrah Rasulullah SAW, baik hijrah ke Habasyah maupun Hijrah ke Yatsrib, jelaskan !

KIRIMKAN JAWABAN ANDA KEPADA GURU MELALUI WHATSAPP !