MATERI BAHASA INDONESIA KELAS XII BAB XIV NILAI NILAI DALAM BUKU FIKSI DAN NONFIKSI

 

Kompetensi Dasar
3.14 Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama.
4.14 Menulis refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi).

Deskripsi Singkat Materi
Anak-anak hebat, selamat bertemu kembali di modul pembelajaran kita. Seperti yang kita ketahui bahwa pada pelajaran Bahasa Indonesia, materi setiap semester memuat kompetensi untuk melakukan kegiatan membaca baik buku fiksi maupun nonfiksi. Kegiatan ini banyak memberikan manfaat dan pengaruh positif bagi siswa dalam hal meningkatkan kegemaran dan kemampuan membaca.

Modul pembelajaran ini membahas materi tentang kompetensi dasar mengidentifikasi buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama. Kegiatan ini sangat bermanfaat karena tidak hanya buku nonfiksi yang dapat mencerdaskan Kalian, tetapi buku fiksi pun memiliki manfaat yang sama dengan buku non fiksi.

 



Itu berarti pada semester ini, sesuai dengan Kompetensi Dasar, kalian mendapat tugas literasi untuk membaca 2 buku, yaitu satu buah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buah buku drama (fiksi).

Dua jenis buku itu benar-benar harus kalian baca secara utuh, bukan hanya sinopsisnya. Siapkan terlebih dahulu buku nonfiksi dan buku drama yang akan kalian baca, carilah buku di perpustakaan sekolah atau perpustakaan lain yang ada di daerah kalian.

 

PERTEMUAN PERTAMA

 

 

PERTEMUAN KEDUA

 

 

PENILAIAN AKHIR HARIAN