MATERI BAHASA INDONESIA KELAS XII BAB XIII SISTEMATIKA DAN KEBAHASAAN KRITIK DAN ESAI


 

Kompetensi Dasar
3.13 Menganalisis sistematika dan kebahasaan kritik dan esai
4.13 Mengonstruksi sebuah kritik atau esai dengan memperhatikan sistematika dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis

Deskripsi Singkat Materi

Bahagialah menjalani hari-hari yang selalu penuh makna ini! Semangatlah, karena kalian adalah calon-calon penerus bangsa yang akan membawa bangsa ini menuju bangsa yang maju dan beradab. Semoga bahagia dan semangat selalu mendampingi kalian sepanjang waktu.

Kalian tentunya pernah membaca suatu koran atau media online tentang artikel, resensi, atau ulasan yang diletakkan di kolom bebas (kolom yang bisa diisi oleh penulis lepas, bukan redaksi). Selain artikel, resensi, atau ulasan yang terdapat dalam kolom bebas, ada juga kritik sastra dan esai. Kedua jenis teks ini sangat menarik untuk dipelajari karena dapat memberi wawasan sekaligus berpikir kritis dalam menilai karya orang lain.



Apa itu kritik sastra? Kritik sastra adalah pertimbangan baik buruk terhadap hasil karya sastra yang didasarkan atas analisis yang mendalam. Karya yang dikritik biasanya berupa karya seni, baik karya sastra, musik, lukis, buku, maupun film.
Apa itu esai? Esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya.

Bagaimana membuat kritik sastra dan esai dengan baik dan menarik? Pada pembelajaran ini kita akan membahas sistematika dan kebahasaan kritik sastra dan esai.

 

MATERI PEMBELAJARAN PERTAMA

 

 

MATERI PEMBELAJARAN KEDUA

 

 

PENILAIAN AKHIR HARIAN