Materi IPA Kelas X BAB III Kimia Hijau Dalam Pembangunan Berkelanjutan 2030

 


 Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari Bab ini, Kalian dapat
1) mendeskripsikan pengertian kimia hijau,
2) mendeskripsikan pentingnya kimia hijau,
3) menganalisis prinsip kimia hijau dalam kehidupan sehari-hari,
4) mengidentifikasikan proses kimia dalam kehidupan sehari-hari terkait hal-hal yang tidak sesuai dengan prinsip kimia hijau, dan
5) menciptakan kegiatan yang mendukung prinsip kimia hijau

 




    Sebuah pabrik kimia yang berada di Kota Cilegon, meledak dengan mengeluarkan suara yang sangat keras. Kepulan asap hitam pekat, bau gas kimia menyengat sangat mengganggu pernafasan warga yang mengeluhkan mata perih dan susah bernafas usai suara ledakan itu.              

        Akibatnya, warga yang lokasinya berada tidak jauh dari pabrik kimia tersebut harus mengungsi. Diduga bahan kimia yang bocor adalah formalin dengan rumus kimia CH2O. 

    Menurut www.pom.go.id, pada umumnya larutan formalin 37% dalam air digunakan sebagai bahan baku pada industri panel kayu, seperti kayu lapis, papan partikel, papan serat berkerapatan sedang, perlengkapan rumah tangga, dan lem emulsi yang dapat digunakan secara luas di berbagai industri.


Sumber berita: https://kumparan.com/kumparannews/terdengar-ledakan-dan-bau-gas-daripabrik-kimia-di-cilegon-warga-sekitar-panik

 

 

Coba Kalian bayangkan jika ledakan seperti itu sering terjadi maka bagaimana nasib bumi dan makhluk hidup yang ada di dalamnya?
 

Bagaimana keadaan masyarakat dan lingkungan (air, tanah, udara, tanaman, hewan) yang ada di sekitarnya? Masa depan bumi ditentukan dari sekarang.

Badan dunia PBB mencanangkan salah satu program pembangunan berkelanjutan hingga tahun 2030 yaitu bagaimana lingkungan tetap aman dan lestari. Sebagai bagian dari masyarakat global Kalian bisa berkontribusi menjaga bumi tetap lestari dimulai dari rumah. Apa dan bagaimana?


Pada bab ini Kalian akan mengenal lebih jauh tentang kimia hijau atau green chemistry. Untuk selanjutnya istilah yang digunakan pada bab ini adalah kimia hijau.

3.1. Pengertian dan Pentingnya Kimia Hijau.

Hai Pelajar Pancasila tahukah Kalian bahwa aktivitas yang kita lakukan dan lingkungan di sekitar kita selalu terkait dengan proses kimia yang melibatkan reaksi kimia. 

Coba diskusikan dalam kelompok adakah proses kimia di sekitar Kalian? Kalian boleh mencarinya melalui berbagai sumber lalu tulis proses yang ditemukan pada buku catatan Kalian.


Sebagian besar dari Kalian akan berpikir bahwa proses kimia itu menghasilkan hal-hal misalnya suara ledakan yang keras, gumpalan asap, nyala api, aroma yang menyengat, atau bahkan zat-zat yang beracun sehingga proses kimia cenderung dianggap berbahaya dan dihindari. 

Mari kita lihat lebih dahulu contoh-contoh proses kimia beserta reaksi kimia yang ada di sekitar kita.