Materi PPKN Kelas X Kurikulum Merdeka Bagian 3 Bhinneka Tunggal Ika : Unit 5 Belajar dari Kekayaan Tradisi

 




Pertanyaan kunci yang akan dikaji pada Unit 5 ini adalah:
1. Bagaimana sikap kita atas keragaman di negara Indonesia?
2. Mengapa penghargaan atas kebudayaan masyarakat lain harus dilakukan?

1. Tujuan Pembelajaran

Melalui pembahasan ini, peserta didik diharapkan dapat mengenali dan membangun kesadaran bahwa ada keragaman identitas yang kita miliki sebagai sebuah bangsa.
Pembelajaran Unit 5 ini juga ditujukan agar peserta didik dapat menunjukkan penghargaannya terhadap keragaman budaya, baik yang ada di Indonesia maupun dunia. 

 

 

2. Aktivitas Belajar 1

a. Bacalah materi di bawah ini, kemudian kalian akan melakukan diskusi kelompok dengan panduan pertanyaan di bawah ini:
1) Apakah manfaat yang kita dapatkan hidup di sebuah negara yang majemuk seperti Indonesia?
2) Nilai apa yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari kaitannya dengan penghargaaan atas keragaman.

b. Jawaban atas pertanyaan tersebut, bisa dibuat dalam bentuk grafis atau diagram.
Peserta didik, secara individu maupun berkelompok, mempresentasikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut.

 


 


Apa arti penting dari keragaman tradisi yang kita miliki? Bagaimana kita memaknai keragaman dalam kehidupan keseharian?

Mula-mula tentu saja ada kebanggaan karena bagaimanapun juga keragaman
tradisi yang dimiliki menunjukkan bahwa kita adalah bangsa yang kaya. Tak hanya itu, tradisi yang kaya tersebut pada perkembangannya bisa hidup saling berdampingan, tidak saling menafikan satu dengan lainnya. Bayangkan, jika satu kebudayaan merasa dirinya lebih adiluhung daripada kebudayaan lain. Atau, jika ada pemeluk agama yang menganggap ajarannya yang paling sempurna, sehingga pemeluk agama lain tidak berhak hidup di negara ini. Kalau ada klaim keunggulan budaya atau agama, sudah pasti kita tidak lagi menjadi negara yang bineka, yang kaya akan tradisi.

Di negara Indonesia, semua kebudayaan memiliki posisi yang sama. Tidak ada
satu budaya yang lebih unggul atau lebih superior dibandingkan dengan budaya lainnya. Semua warga negara dengan segala identitas kelompok yang melekat padanya; agama, etnis, bahasa dan lainnya, berada pada payung yang sama. Mereka dijamin untuk beribadah sesuai dengan keyakinannya, dan diberi kesempatan yang sama pula untuk mengembangkan dan memajukan kebudayaan serta tradisi leluhurnya.

Sebagai sebuah bangsa, kita telah cukup teruji sebagai negara yang mampu mengelola keragaman kebudayaan tersebut, sehingga terhindar dari disintegrasi. Kita telah melewati ujian yang sangat menentukan, terutama ketika pada masa reformasi tahun 1998. Konflik bernuansa etnis dan agama, banyak terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Namun, fase tersebut bisa dilewati dengan baik, meski tentu saja tidak sempurna. Kita pun terhindar dari perpecahan.

Kebanggaan akan tradisi dan budaya, sebaiknya tidak hanya berhenti sebatas perayaan saja. Tradisi tidak hanya perlu dilestarikan agar terjaga dari kerusakan. Lebih dari itu, tradisi harus terus dihidupkan sekaligus dikukuhkan. Nilainya perlu dipertahankan dalam situasi yang terus berubah. Tantangan yang dihadapi saat ini datang dari berbagai dimensi (sosial, ekonomi, budaya) serta berasal dari semua arah (lokal, nasional dan internasional).

3. Aktivitas Belajar 2

a. Sebagai pembuka pertemuan, kalian berdiskusi tentang tema "Kearifan Lokal
Bangsa Indonesia" yang dipantik melalui pertanyaan: (1) Apakah yang dibanggakan dari negara Indonesia?, (2) Apa yang perlu dipertahankan dan harus terus ditingkatkan?
b. Secara individu maupun kelompok, kalian mengidentifikasi kekayaan tradisi
bangsa kita ke dalam 4 atau lebih kategori. Misalnya, Masakan, Makanan, Minuman atau Kuliner, Adat Istiadat atau Filosofi Hidup, Kesenian, Pakaian, dan lainnya.
c. Masing-masing peserta didik atau kelompok menuliskan jenis tradisi tersebut dan mempresentasikannya.


 

 


4. Refleksi

Setelah mengikuti pembelajaran hari ini, silahkan kalian melakukan refleksi. Untuk membantu merefleksikan aktivitas yang dilakukan, jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini:
a. Dari proses belajar hari ini, hal yang saya pahami adalah ...
b. Dari proses belajar hari ini, hal yang belum saya pahami adalah/saya ingin mengetahui lebih dalam tentang ...
c. Dari proses belajar hari ini, hal yang akan saya lakukan dalam kehidupan seharihari


5. Uji Pemahaman

Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman kalian tentang unit ini, jawablah pertanyaan berikut:
1. Pernahkah kamu menemukan praktik-praktik yang bertentangan dengan semangat penghargaan terhadap keragamaan di lingkungan sekolah atau tempat tinggalmu? Berikan penjelasan.
2. Banyak sekali budaya luar yang datang ke Indonesia dan disukai oleh anak-anak muda. Bagaimana kalian menjelaskan kenyataan ini?