Materi Kimia Kelas X BAB IX Reaksi Reduksi dan Oksidasi B.Aturan Biloks dan Penentuan Biloks Unsur

 


A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari modul kegiatan pembelajaran 2 ini kalian diharapkan mampu mendeskripsikan ketentuan bilangan oksidasi, menentukan biloks atom suatu unsur dalam senyawa atau ion untuk menentukan reaksi reduksi dan oksidasi ditinjau dari perubahan bilangan oksidasi.


B. Uraian Materi
 

1. Aturan Bilangan Oksidasi

Konsep redoks berdasarkan peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi ini merupakan konsep redoks yang sekarang digunakan oleh siapa pun yang mempelajari ilmu Kimia. Apakah bilangan oksidasi itu? 

Bilangan oksidasi adalah muatan yang dimiliki atom jika atom tersebut berikatan dengan atom lain. Nilai bilangan oksidasi suatu atom dapat diketahui lebih mudah dengan menggunakan aturan berikut.


 

 

 

2. Penentuan Biloks Unsur dalam Senyawa atau Ion
 

Bagaimana kalian dapat menentukan bilangan oksidasi atom dalam suatu senyawa atau ion? Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh-contoh berikut: 

 


 


 

3. Penggunaan Konsep Biloks dalam Penentuan Reaksi Redoks
 

Banyak reaksi reduksi oksidasi yang tidak dapat dijelaskan dengan menggunakan konsep keterlibatan oksigen maupun transfer elektron tetapi bisa dijelaskan dengan menggunakan konsep perubahan bilangan oksidasi. 


 

 

 

4. Reaksi Autoredoks atau Disproporsionasi
Adakalanya dalam reaksi redoks satu zat yang mengalami reaksi oksidasi dan sekaligus mengalami reaksi reduksi, reaksi redoks yang demikian disebut autoredoks atau disproporsionasi.


 


C. Rangkuman


 



D. Penugasan Mandiri


 


E. LATIHAN SOAL
Jawablah soal-soal berikut!


PENILAIAN AKHIR HARIAN