MATERI KIMIA KELAS X BAB X STOIKIOMETRI E. KOMPOSISI ZAT DAN PEREAKSI PEMBATAS

 



A. Tujuan Pembelajaran
1. Menentukan komposisi zat dalam senyawa.
2. Menuliskan rumus senyawa hidrat.
3. Menyelesaikan perhitungan kimia pada suatu persamaan reaksi kimia.
4. Menentukan pereaksi pembatas pada reaksi kimia.

B. Uraian Materi

1. Komposisi Zat

Salah satu kegiatan penting dalam ilmu kimia adalah melakukan percobaan untuk mengidentifikasi zat. Ada dua kegiatan dalam identifikasi zat, yakni analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk menentukan jenis komponen penyusun zat. Sedangkan analisis kuantitatif dilakukan untuk menentukan massa dari setiap komponen penyusun zat. Dengan mengetahui jenis dan massa dari setiap komponen penyusun zat, kita dapat mengetahui komposisi
zat tersebut.


a. Komposisi Zat dalam persen massa

Komposisi zat dinyatakan dalam persen massa (% massa). Perhitungan persen massa untuk setiap komponen dapat menggunakan persamaan berikut. 


 


 



b. Komposisi Zat Secara Teoritis

Komposisi zat secara teoritis merupakan komposisi zat yang ditentukan dari rumus kimianya. Untuk zat berupa senyawa, komposisinya secara teoritis dapat dinyatakan dalam persen massa unsur dalam senyawa dengan membandingkan Ar unsur dan Mr senyawa. 


 



c. Menentukan Rumus Air Kristal (Rumus Kimia Hidrat)

Air kristal merupakan molekul air yang terjebak di dalam suatu kristal. Kristal merupakan zat padat yang memiliki bentuk teratur. Hidrat adalah zat padat yang mengikat beberapa molekul air sebagai bagian dari struktur kristalnya. 


 




2. Menggunakan persamaan reaksi dalam perhitungan kimia

Anda yang hebat, untuk menyelesaikan perhitungan kimia pada suatu
persamaan reaksi kimia membutuhkan penerapan hukum-hukum dasar kimia dan konsep mol.
 

Langkah umum perhitungan zat dalam reaksi adalah buat persamaan reaksi setara --> ubah jumlah zat menjadi mol --> gunakan perbandingan koefisien = perbandingan mol untuk menghitung jumlah zat yang ditanyakan --> ubah mol zat ditanya menjadi besaran jumlah zat yang ditanyakan. 


 



3. Pereaksi Pembatas


 




C. RANGKUMAN


 

D. PENUGASAN MANDIRI


 



E. LATIHAN SOAL


 




PENILAIAN AKHIR HARIAN BAB X STOIKIMETRI