Cara Membuat Website di HP untuk Pemula (Gratis )




Membuat website ternyata sangat mudah. Banyak sekali toturial yang tersaji di internet untuk membuatnya. Ada yang berbayar hingga gratis. Pada postingan ini kita akan membahas pembuatan website gratis. 


Pertama-tama, buka situs www.blogger.com di browser handphone Anda. Kemudian klik Create Your Blog.


Kemudian lakukan registrasi email. Caranya, masukkan alamat Gmail dan passwordnya. Jika Anda sudah memiliki akun Gmail terpasang di handphone Anda, Anda bisa klik salah satu akun Gmail Anda.







Beri nama blog Anda sesuai dengan keinginan. Misalnya, isi dengan nama yang relevan dengan topik yang ingin Anda bahas di blog. Setelah itu, klik Next.



 

Setelah memberi nama blog, masukkan URL yang Anda inginkan untuk alamat blog Anda. Kemudian klik Next.   
 


 
 
Kemudian isi display name untuk blog Anda. 
Pada tahap ini, Anda bisa memasukkan nama panjang Anda atau nama alias Anda. Nama ini akan muncul ketika Anda memberi komentar pada blog lain atau membalas komentar di blog Anda. Setelah itu, klik Finish.



 

 

 Ok , ekarang akun blogspot Anda sudah jadi nih. 

Sekarang saatnya menggunakan blog Anda. Namun sebelumnya Anda perlu mempelajari menu-menu di dashboard blog Anda di pembahasan selanjutnya. 

Menu di Dashboard Blog Beserta Fungsinya
Pada bagian pojok kiri atas, terdapat button option. Jika Anda klik, maka Anda akan menemukan berbagai menu dashboard blogspot Anda.
 


 
 
Penasaran apa saja fungsinya? Nah, berikut ini adalah fungsi dari menu-menu di dashboard blog Anda: 
 

  • Post: menampilkan postingan yang terdapat pada blog anda. Misalnya postingan yang sudah dipublikasikan atau yang masih disimpan di draft. Anda juga bisa menghapus beberapa postingan sekaligus di menu post.
  • Stats: menampilkan informasi statistik blog Anda. Misalnya jumlah viewers postingan Anda hari ini, kemarin, bulan lalu dan tahun lalu. Selain itu, menu stats juga menampilkan keyword yang dicari pengunjung untuk menemukan blog Anda. 
  • Comments: menampilkan komentar pengunjung di tiap postingan Anda.
  • Pages: menampilkan, menambahkan dan menghapus jumlah halaman di blog Anda. Misalnya, halaman Contact atau About Me. 
  • Layout: mengatur tata letak blog Anda. Misalnya memindahkan, menambahkan dan menghapus widget.
  • Theme: menampilkan pengaturan tema atau template pada blog Anda. Misalnya, mengganti dan mengedit template dengan HTML. Selain itu Anda bisa mengatur background, font, ukuran font, dan warna font pada blog Anda. 
  • Settings: menampilkan menu pengaturan dasar seperti pengaturan postingan, komentar, bahasa, dan lainnya.
  • Reading List: menampilkan postingan blog lain yang Anda ikuti.
  • View Blog: melihat tampilan blog Anda.

Nah, itu tadi menu-menu yang ada di dalam dashboard blog Anda. 

Setelah melihat-lihat menu, mungkin Anda penasaran tentang cara menulis blog lewat hp. Simak pembahasan selanjutnya kawan kompasbelajar  ya!