VIDEO PEMBELAJARAN DINAMIKA ATMOSFER


 
Kalian tentu sering mendengar  Atmosfer ? Yang terbayang tentu adalah sebuah lapisan yang melindungi bumi dari kejatuhan meteor / benda luar angkasa dan menyaring sinar matahari agar tidak langsung ke bumi. 
 
Ya, benar  Atmosfer terletak di ruang angkasa dan berada di lapisan terluar bumi.

Sementara pengertian  atmosfer adalah lapisan gas dengan ketebalan ribuan kilometer yang terdiri atas beberapa lapisan dan berfungsi melindungi bumi dari radiasi dan pecahan meteor.  
 



Ketebalan atmosfer mencapai 1.000 kilometer dari permukaan bumi. Kandungannya terdiri dari beberapa gas, yaitu 78 persen nitrogen, 21 persen oksigen, 0,9 persen argon, dan 0,03 persen karbondioksida. Sisanya uap air, krypton, neon, xinon, hidrogen, kalium, serta 0,7 persen ozon.

Atmosfer memiliki beberapa manfaat, di antaranya:
  • Melindungi bumi dari paparan radiasi sinar ultraviolet dan lapisan ozon.  Sinar ultraviolet sangat berbahaya bagi kehidupan di bumi.
  • Melindungi bumi dari benda-benda luar angkasa yang jatuh akibat gaya gravitasi bumi.
  • Atmosfer juga menjadi media cuaca yang bisa memengaruhi hujan, badai, topan, angin, salju, awan, dan lainnya.
  • Memiliki kandungan berbagai macam gas yang diperlukan oleh manusia, tumbuhan, dan juga hewan untuk bernapas dan kebutuhan lainnya.
Untuk lebih jelasnya silahkan kawan kompasbelajar menonton video pembelajaran dibawah ini agar menguasai materi Geografi tentang Dinamika Atmosfer !