KURSUS ONLINE GRATIS, MICROSOFT OFFICE EXCEL G. PIVOT TABLE

 


Pivot Table adalah fitur Excel yang sering digunakan untuk mengelola dan menampilkan data secara praktis, sehingga pengguna bisa mengubah kumpulan data menjadi sebuah tabel yang mudah dipahami.

 

Dalam penggunaannya, pivot table sebenarnya bertujuan untuk menawarkan cara yang mudah digunakan untuk meringkas data dalam jumlah besar dengan cepat. Pivot table dapat digunakan untuk lebih memahami, menampilkan, dan menganalisis data numerik secara detail.

 

 

Selain itu, ada beberapa alasan kenapa kamu harus menggunakan pivot table dalam mengolah data sebagai berikut.

1.      Menghitung jumlah atau rata-rata dalam situasi bisnis. Misalnya menghitung penjualan berdasarkan departemen atau wilayah.

2.      Menampilkan total sebagai persentase keseluruhan.  Misalnya, membandingkan penjualan produk tertentu dengan total penjualan.

3.      Menghasilkan daftar nilai unik. Misalnya, menunjukkan negara bagian atau negara mana saja yang sudah memesan suatu produk.

4.      Mengidentifikasi nilai maksimum dan minimum suatu kumpulan data.

 

Lebih lengkapnya lagi, pivot table memiliki manfaat yang dapat kamu nikmati ketika bekerja menggunakan Excel di antaranya yakni,

1.      Menyederhanakan Analisis Data

Pivot table memungkinkan kamu menyaring sejumlah besar data menjadi bagian-bagian yang mudah dicerna. Untuk itu, pivot table akan memfasilitasi pengambilan keputusan yang lebih baik untuk melihat hasil analisis data tersebut.

2.      Insight Cepat

Pivot table akan memberikan informasi secara langsung dengan menampilkan ringkasan data. Informasi ini akan didapatkan dengan cepat dan bisa sangat berharga untuk pengambilan keputusan bisnis.

3.      Serbaguna

Pivot table juga dapat digunakan pada berbagai industri dan untuk berbagai tujuan. Mulai dari keuangan, penjualan, hingga penelitian akademis yang dapat membantu kamu bukan hanya dalam bidang Akuntansi, tapi untuk seluruh bidang.

4.      Dapat Membandingkan Data

Kaku ingin membandingkan data penjualan dari dua kuartal berbeda? Atau mungkin ingin memahami tingkat pertumbuhan selama lima tahun terakhir? Nah, jawabannya adalah gunakan pivot table karena dapat membuat perbandingan ini menjadi mudah.

 

Cara Kerja Pivot Table

Cara kerja pivot table sangat sederhana karena terdiri dari empat komponen utama. Empat komponen ini akan bekerja dengan baik dalam pivot table dan tidak dapat dipisahkan. Adapun empat komponen tersebut antara lain sebagai berikut.

1.      Columns (Kolom)

Columns merupakan hal terpenting dalam membuat pivot table. Komponen ini berguna untuk melihat dan mencantumkan nilai unik pada bagian tersebut.

2.      Rows (Baris)

Ketika sebuah bidang dipilih untuk area baris, bidang tersebut akan terisi sebagai kolom pertama. Mirip dengan kolom, semua label baris adalah nilai unik dan duplikatnya dihapus.

3.      Value (Nilai)

Setiap nilai disimpan dalam sel pivot table dan menampilkan informasi yang diringkas. Nilai yang paling umum adalah jumlah, rata-rata, minimum dan maksimum.

4.      Filter

Filter dapat menerapkan penghitungan atau pembatasan ke seluruh tabel. Dengan filter, maka kamu dapat menentukan beberapa hal yang ingin ditampilkan dalam tabel tersebut.

 

SILAHKAN TONTON TURIOAL BERIKUT INI

A.     Membuat Pivot Tables

B.      Pengaturan Field pada Pivot Tables

C.      Perhitungan Field pada Pivot Tables

D.     Pengelompokkan pada Pivot Tables

E.      Slicers dan Timeline pada Pivot Tables