MATERI SEJARAH KELAS XII BAB III C.PERAN INDONESIA DALAM MISI PERDAMAIAN PENGIRIMAN KONTINGEN GARUDA PADA MASA PERANG DINGIN

 


KEGIATAN PEMBELAJARAN 3 PERAN INDONESIA DALAM MISI PERDAMAIAN PENGIRIMAN KONTINGEN GARUDA PADA MASA PERANG DINGIN

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini kalian diharapkan mampu menganalisis peran Indonesia dalam misi perdamaian pengiriman Kontingen Garuda pada masa perang dingin dengan cermat dan penuh semangat serta dapat menunjukkan sikap peduli , tanggung jawab dan cinta damai.

B. Uraian Materi

1. Indonesia dalam Misi Pemeliharaan Perdamaian PBB

Komitmen Indonesia untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial merupakan amanat dari alinea IV Pembukaan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945.


Dalam konteks internasional, partisipasi tersebut merupakan indikator penting dan konkrit dari peran suatu negara dalam memberikan kontribusi dalam menjaga perdamaian dan keamanan internasional. 

Sedangkan dalam konteks nasional, keterlibatan tersebut merupakan sarana peningkatan profesionalisme individu dan organisasi yang terlibat secara langsung dalam penggelaran operasi internasional.
Indonesia terlibat dalam Misi Pemeliharaan Perdamaian PBB. Sesuai Pembukaan Undangundang Dasar 1945 alinea IV, salah satu tujuan negara yakni menjaga ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.
Indonesia diberi kepercayaan oleh PBB untuk mengirim personel keamanan terbaiknya dalam menjalankan Misi Pemerliharaan Perdamaian. Pasukan tentara, kepolisian, dan sipil Indonesia dikenal dengan nama Kontingen Garuda.

2. Pengiriman Kontingen Garuda dalam Misi Pemeliharaan Perdamaian

Kontingen Garuda Indonesia

 

Dalam misinya menjaga perdamaian dunia, Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) punya Peacekeeping Operation (UNPO) atau Misi Pemeliharaan Perdamaian (MPP).
 

Kontingen Garuda adalah pasukan penjaga perdamaian yang anggotanya diambil dari militer Indonesia yang bertugas dibawah naugan Perserikatan Bangsa-bangsa.
 

Negara-negara yang pernah menjadi tujuan dalam misi Kontingen Garuda adalah Negaranegara di Timur Tengah seperti Mesir,Lebanon,Palestina,Irak. Negara Asean seperti Filipina, Kamboja,dan Vietnam. Juga Negara Eropa Timur seperti Georgia dan Bosnia.
 

Peran aktif Indonesia dalam mengirimkan Kontingen Garuda untuk misi perdamaian pada masa perang dunia adalah sebagai berikut :
a. Kontingen Garuda I, dikirim pada 8 Januari 1957 ke Mesir Kontingen
b. Kontingen Garuda II, dikirim ke Kongo pada 1960 Kontingen
c. Kontingen Garuda III, dikirim ke Kongo pada 1962 Kontingen
d. Kontingen Garuda IV, dikirim ke Vietnam pada 1973 Kontingen
e. Kontingen Garuda V, dikirim ke Vietnam pada 1973 Kontingen
f. Kontingen Garuda VI, dikirim ke Timur Tengah pada 1973 Kontingen
g. Kontingen Garuda VII, dikirim ke Vietnam pada 1974 Kontingen
h. Kontingen Garuda VIII, dikirim dalam rangka misi perdamaian PBB di Timur Tengah
pasca-Perang Yom Kippur antara Mesir dan Israel Kontingen
i. Kontingen Garuda IX, dikirim ke Iran dan Irak pada 1988
j. Kontingen Garuda X, dikirim ke Namibia pada 1989

Tentu kalian pasti sudah  tahu tentang peran aktif Indonesia Pada masa perang dingin, khususnya yang terkait dengan mengirimkan misi perdamaian. Indonesia sudah  berperan aktif mengirimkan Kontingen Garuda ke negara negara yang berkonflik.

Sejak misi pertamanya tahun 1957, Kontingen garuda sampai sekarang masih aktif dalam melakukan berbagai misi perdamaian.


Peran aktif Indonesia dalam misi menjaga perdamaian dunia dengan mengirimkan ribuan personel TNI ke berbagai negara konflik, mendapat apresiasi dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).


 



C. Rangkuman
1. Indonesia terlibat dalam Misi Pemeliharaan Perdamaian PBB. Sesuai Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 alinea IV, salah satu tujuan negara yakni menjaga ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.
2. Indonesia diberi kepercayaan oleh PBB untuk mengirim personel keamanan terbaiknya dalam menjalankan Misi Pemerliharaan Perdamaian. Pasukan tentara, kepolisian, dan sipil Indonesia dikenal dengan nama Kontingen Garuda.
3. Pada masa perang dingin, Indonesia telah berperan aktif mengirimkan Kontingen Garuda ke negara negara yang berkonflik.
4. Sejak misi pertamanya tahun 1957, Kontingen garuda sampai sekarang masih aktif dalam melakukan

D. Penugasan Mandiri
Untuk menguatkan pemahaman kalian terhadap materi yang telah dipelajari, tugas kalian adalah membuat daftar yang memuat dan menggambarkan data Pengiriman Kontingen Garuda sejak misi pertamanya tahun 1959 sampai sekarang.
Untuk dapat menyelesaikan tugas yang diberikan kalian dapat mencari referensi lain dari artikel, surat kabar, taupun internet untuk menyelesaikan tugas ini. Jangan lupa mencantumkan sumber dari tulisanmu.

E. Latihan Soal
1. Dalam rangka ikut mewujudkan perdamaian dunia, maka Indonesia memainkan sejumlah peran dalam percaturan internasional. Peran yang cukup menonjol dalam upaya memelihara perdamaian dan keamanan internasional adalah...
A. Melatih pasukan garuda bagi negara-negara yang berkonflik di dunia
B. Bekerja sama dengan negara-negara didunia mengembangkan pasukan garuda
C. Mengirimkan misi pasukan Garuda pada daerah yang berkonflik
D. Menolak segala bentuk agresi militer dengan membentuk pasukan garuda
E. Bergabung dengan Pasukan Garuda dari PBB ikut menyelesaikan konflik yang ada.

2. Kontribusi Indonesia dalam ikut serta melaksanakan perdamaian dunia yang berdasarkan kemerdekaan antara lain berbentuk Misi Garuda. Pengiriman Misi Kontingen Garuda ini sesuai dengan amanat yang terdapat dalam ....
A. alinea I Pembukaan UUD 1945
B. alinea II Pembukaan UUD 1945
C. alinea III Pembukaan UUD 1945
D. alinea IV Pembukaan UUD 1945
E. alinea V Pembukaan UUD 1945

3. Indonesia sebagai salah satu anggota PBB sering terlibat dalam misi perdamaian PBB. Hingga saat ini Indonesia masih terlibat dalm pengiriman pasukan Garuda untuk menjalankan misi perdamaian PBB. Tindakan tersebut dilakukan dengan tujuan...
A. Membantu dan meringankan tugas PBB untuk melaksanakan tujuannya
B. Mewujudkan cita-cita negara untuk ikut menjaga perdamaian Dunia
C. Membantu melaksanakan resolusi Dewan Keamanan PBB
D. Menjaga posisi Indonesia dalam melaksanakan interaksi dan pergaulan Dunia
E. Menjalankan kewajiban sebagai salah satu anggota PBB

4. Kontingen Garuda adalah pasukan Tentara Nasional Indonesia yang ditugaskan sebagai pasukan perdamaian di negara lain. Indonesia mulai turut serta mengirim pasukannya sebagai bagian dari pasukan penjaga perdamaian PBB sejak 1957 hingga sekarang. Bagi bangsa Indonesia pengiriman Misi Garuda tersebut untuk memenuhi permintaan PBB dan memiliki alasan yang kuat yaitu alinea keempat Pembukaan UUD 1945. Hal ini menunjukkan bahwa ....
A. Indonesia dapat menjaga keamanan dunia
B. pasukan TNI sejajar dengan pasukan dunia
C. Indonesia ikut menciptakan ketertiban dunia
D. Indonesia ingin memperlihatkan kekuatan TNI
E. Indonesia turut menjaga hubungan antar negara

Kirimkan jawaban anda kepada guru melalui Whatsapp