MATERI BAHASA INDONESIA KELAS XI BAB II MENYAJIKAN BERITA INOVASI YANG MENGHIBUR




Pertanyaan Pemantik
Ilustrasi di atas menunjukkan beberapa inovasi dalam bidang teknologi hasil karya ilmuwan Indonesia yang menarik untuk disajikan sebagai berita.
1. Bagaimana cara membuat berita yang menarik agar dibaca masyarakat?
2. Media apa sajakah yang dapat digunakan untuk menyampaikan berita inovasi ilmuwan Indonesia agar diketahui masyarakat?


 

 

Berita mengenai inovasi banyak tersebar di sekeliling kita. Kalian mungkin sudah mengetahui bahwa tempat mendapatkan berita adalah surat kabar.
Selain itu, radio dan televisi juga merupakan media masa yang menyiarkan berita.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, media daring juga menyajikan berita yang berisi informasi yang akurat dan faktual dalam format multimedia.

Bentuklah kelompok kecil antara empat atau lima orang. Tugas kelompok adalah menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

 

 

Diskusikan dalam kelompok kemudian rumuskan menjadi menjadi sebuah tulisan utuh.
1. Apakah yang kalian bayangkan saat mendengar kata multimedia?
2. Di media mana sajakah berita dapat ditemukan?
3. Tulislah jenis media yang pernah kalian amati. Format media apakah yang paling efektif untuk memberitakan inovasi? Jelaskan alasan kalian.

A. Menemukan Informasi Aktual dan Akurat pada Teks Berita


 

Informasi yang disajikan dalam berita harus akurat, yakni mengandung data yang benar dan tepat. Periksa fakta informasi dengan cara memastikan sumber berita. Pastikan bahwa alamat situsnya adalah situs resmi atau sudah terverifikasi. Akan lebih baik jika dilakukan cek silang dengan sumber berita yang lain. Hal ini juga sebaiknya dilakukan pada sumber berita nonsitus. Kebiasaan melakukan cek silang akan menumbuhkan kemampuan literasi digital agar mampu menjadi pemirsa informasi secara berimbang.

Berita juga mengandung informasi yang aktual. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, aktual adalah baru saja terjadi, hangat.
Definisi lain, aktual adalah mengandung unsur kebaruan, menunjuk kepada peristiwa yang benar-benar baru terjadi atau sedang terjadi (Sumadiria, 2008: 37). Berita yang hangat akan disajikan oleh lebih dari satu media massa, baik situs maupun nonsitus, misalnya surat kabar. Oleh karena itu, cek silang juga selayaknya dilakukan pada informasi dari sumber nonsitus seperti surat kabar.

 
Kegiatan 1 Membaca teks berita.
 

Bentuk kelompok bersama 2-3 teman kalian. Lalu, setiap siswa membaca dengan cara membaca intensif teks berita yang berjudul “ITS Juara Umum Kontes Robot Indonesia 2020”. Setelah membaca teks secara mandiri, diskusikan pertanyaan-pertanyaan yang mengikutinya.

Untuk mengoptimalkan kegiatan membaca intensif, lakukan beberapa langkah berikut.
1. Berilah tanda garis bawah dengan pena pada pernyataan-pernyataan penting tentang harapan diadakannya kontes robot ini.
2. Berilah tanda dengan membuat blok dengan pena penanda (misalnya stabilo, zebra, sharpie, atau sejenisnya) pada gagasan utama penulis.
3. Berilah angka untuk menandai urutan penulis mengembangkan uraian
gagasannya.
4. Berilah tanda dengan lingkaran pada kosakata yang perlu dicari artinya menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia.


 


 


 


 




Kegiatan 2 Memahami isi teks berita.

 
Bentuk kelompok bersama 2-3 teman kalian untuk menjawab pertanyaanpertanyaan berikut.
1. Pada teks di atas terdapat beberapa kosakata yang perlu dipahami artinya. Temukan arti kosakata berikut ini dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gunakan tautan https://kbbi.kemdikbud.go.id
a. kontes
b. robotika
c. daring
d. inovasi
e. laman

2. Buatlah kalimat sesuai petunjuk dengan kata-kata di bawah ini.
a. Kalimat majemuk setara dengan kata “kontes”.
Jawab:
b. Kalimat majemuk bertingkat dengan kata “robotika”.
Jawab:
c. Kalimat majemuk setara berlawanan dengan kata “daring”.
Jawab:
d. Kalimat langsung dengan kata “inovasi”.
Jawab:
e. Kalimat tidak langsung dengan kata “laman”.
Jawab:
 

3. Berdasarkan teks berita “ITS Juara Umum Kontes Robot Indonesia 2020”, apakah gagasan pokok dari teks bacaan tersebut?
 

4. Berdasarkan teks berita “ITS Juara Umum Kontes Robot Indonesia 2020”, jawablah pertanyaan-pertanyaan yang menggunakan adiksimba berikut.
a. Apa sajakah kategori kontes tersebut?
b. Di manakah kontes diadakan?
c. Terdapat kutipan: “Seperti Robot Seni Tari, tidak terbayangkan sebelumnya robot dapat ikut melestarikan budaya Indonesia” Kapan hal tersebut terjadi? Jelaskan alasan kalian.
d. Siapakah yang memenangkan kategori robot tari? Jelaskan alasan kalian.
e. Mengapa ITS disebut sebagai juara umum? Jelaskan alasan kalian.
f. Bagaimana pendapat kalian mengenai kontes robot tari?
 

5. Untuk memastikan bahwa informasi pada berita ini akurat, cobalah cek silang dengan dua sumber berita daring (online) lainnya. Sebutkan sumber berita lain dalam format: Judul berita, nama sumber berita (surat kabar, majalah daring), tanggal, penulis, kutipan paragraf pertama.
a. Sumber berita ke-1: ………….…
b. Sumber berita ke-2: ………………
 

6. Bagaimana sikap kalian seandainya kalian menjadi anggota tim peserta kontes robot yang belum mendapatkan hasil sebagai juara?


B. Mengenali Struktur dan Unsur Teks Berita

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, berita adalah cerita mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat atau terkini. Di dalam berita terkandung fakta yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu, teks berita disajikan berurutan dari yang terpenting lalu berlanjut ke bagian yang nilai pentingnya semakin berkurang.

Definisi lain, berita adalah laporan tercepat mengenai fakta atau ide terbaru yang benar, menarik dan atau penting bagi sebagian besar khalayak, melalui media berkala seperti surat kabar, radio, televisi, atau media online internet (Sumadiria, 2008: 65). Oleh karena itu, perlu diperhatikan untuk membuat susunan teks berita yang selaras dengan nalar agar mudah dicerna pembaca.
Teks berita disusun dengan pola piramida terbalik yang terdiri atas tiga bagian utama, yakni kepala berita, leher berita, dan tubuh berita. Bila diperlukan uraian lebih panjang, namun kurang penting akan ditambahkan bagian kaki berita.
Bagian pembuka berita yang biasa disebut kepala berita memuat informasi utama yang paling penting. Teks berita pada bagian kepala berita mengandung jawaban atas pertanyaan dengan unsur adiksimba (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana). Hal ini penting dilakukan untuk memudahkan penyunting tulisan (editor) saat melakukan penyuntingan karena terjadi keterbatasan ruang pada halaman media. Dengan adanya struktur yang sudah standar, penyunting tak akan ragu memotong paragraf terbawah.
Leher berita merupakan kelanjutan kepala berita. Unsur berita dikembangkan lebih jauh dan luas pada bagian ini. Penjelasan yang lebih
terperinci dari setiap unsur yang ada di kepala berita membantu pembaca memahami isi berita. Leher berita menjadi jembatan dari gagasan pokok pada kepala berita dengan gagasan-gagasan penunjang pada bagian tubuh maupun kaki berita.
Bagian ketiga disebut tubuh berita yang menjabarkan lebih rinci gagasan
yang terdapat pada bagian sebelumnya, yakni kepala dan leher berita.
Adapun bagian berikutnya disebut kaki berita karena memuat kesimpulan berita dan informasi yang tidak terlalu penting.

Kegiatan 1 Membaca teks berita
Bacalah teks berita yang berjudul ”Pesawat Terbang Seharga Rp 400 M Buatan RI Makin Laris Manis” secara mandiri.

Untuk mengoptimalkan kegiatan membaca, lakukan beberapa langkah berikut.
1. Berilah tanda garis sejajar dengan pena di sebelah kiri dari bagian
struktur “kepala berita”.
2. Berilah tanda kurung buka dengan pena di sebelah kiri dari bagian
“leher berita”.
3. Berilah tanda garis bawah dengan pena pada kosakata yang perlu dicari artinya menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia.


 


 


 



Kegiatan 2 Mendiskusikan teks berita.

Bentuk kelompok bersama 2-3 teman kalian untuk mendiskusikan jawaban bagi pertanyaan-pertanyaan berikut berdasarkan teks berita ”Pesawat Terbang Seharga Rp 400 M Buatan RI Makin Laris Manis”.
 

1. Temukan struktur “kepala berita” pada teks berita di atas. Apakah kalimat pertama pada bagian kepala berita? Jelaskan alasanmu.
 

2. Bersama kelompokmu, lakukan analisis unsur adiksimba pada “kepala berita” dari teks di atas. Adakah unsur yang tidak terjawab? Jelaskan alasan kalian.
 

3. Temukan struktur “leher berita” pada teks berita yang telah kalian
baca. Apakah gagasan pendukung yang diuraikan pada “leher berita”?
Jelaskan alasan kalian.
 

4. Teks berita menggunakan ragam bahasa baku. Pada kutipan:
“Hingga kini, pesawat tersebut sudah diekspor ke berbagai negara, diantaranya adalah Thailand untuk Royal Thai Police, Senegal dengan Senegal Air Force, Nepal dengan Nepal Army.” Apakah kata “diantaranya” merupakan kata baku? Jelaskan alasan kalian.
 

5. Pada judul berita: Pesawat Terbang Seharga Rp 400 M Buatan RI Makin Laris Manis. Apakah kata “Rp 400 M” merupakan kata baku? Jelaskan alasan kalian.
 

6. Bagaimana pendapat kalian mengenai pengembangan pesawat CN-235 untuk angkutan komersial?
 

7. Tulislah sebuah teks berita berdasarkan berita “Pesawat Terbang Seharga Rp 400 M Buatan RI Makin Laris Manis” dengan ketentuan sebagai berikut.
a. Judul mencerminkan gagasan kepala berita. Judul terdiri atas 7-10 kata.
b. Teks berita ditulis dalam 3-4 paragraf, setiap paragraf minimal terdiri atas tujuh kalimat. Paragraf pertama sebagai kepala berita, paragraf kedua (dan ketiga) sebagai leher/tubuh berita, dan paragraf terakhir sebagai kaki berita.
c. Jumlah kata 100-200 kata.
d. Kepala berita menjawab pertanyaan adiksimba.
e. Kaki berita memuat kesimpulan yang menjawab pertanyaan adik dan berisi informasi yang relevan dengan kepala berita.
f. Gunakan bahasa baku.


Kegiatan 3 Menjawab pertanyaan berita berdasarkan video.

Wartawan sebagai penulis berita perlu memilah peristiwa atau kejadian yang layak diangkat menjadi berita. Kelayakan suatu peristiwa atau kejadian untuk dapat diubah menjadi berita ditentukan oleh enam hal berikut ini.
1. Aktual atau kekinian, peristiwa yang baru saja terjadi.
2. Penting, kejadian yang menyangkut kepentingan masyarakat.
3. Kedekatan lokasi, berita yang terjadi di wilayah pembaca akan lebih
menarik daripada kejadian di tempat yang jauh.
4. Ekspresi emosional (human interest), dapat memancing atau mengadukaduk emosi pembaca.
5. Tokoh atau lembaga terkenal, kepopuleran tokoh atau lembaga yang menjadi topik berita akan menarik perhatian pembaca.
6. Tokoh atau lembaga terkenal, kepopuleran tokoh atau lembaga yang menjadi topik berita akan menarik perhatian pembaca.

Bersama kelompok kalian, simaklah paparan berita dalam bentuk video “Go Digital Strategi UMKM Bertahan di Tengah Pandemi” melalui tautan ini.  


 




Kegiatan 4 Menulis teks berita berdasarkan video.

Untuk membuat suatu teks berita, perlu disusun gagasan pokok yang mengandung jawaban terhadap unsur adiksimba dari suatu peristiwa.
Setelah itu, pertimbangkan kelayakan gagasan pokok agar menjadi berita utama (headline). Gunakan enam ciri di atas untuk menganalisis kemungkinan gagasan tersebut layak menjadi suatu berita.

Berbekal informasi yang didapatkan melalui penelitian sesuai unsur adiksimba (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana), susunlah sebuah teks berita yang sopan dan sesuai konteks dengan menggunakan unsur-unsur yang didapatkan dari berita TV (video). 

Perhatikan syarat dan ketentuan teks berita berikut ini.
1. Tugas dikerjakan secara perorangan/individual.
2. Teks berita ditulis dalam lima paragraf, setiap paragraf minimal terdiri
atas 3 kalimat. Paragraf pertama merupakan kepala berita, paragraf kedua sampai dengan keempat merupakan leher berita atau tubuh berita, dan paragraf terakhir sebagai kaki berita.
3. Teks berita terdiri atas 100-300 kata.
4. Buatlah kerangka karangan terlebih dahulu sebelum kalian menuliskan teks berita itu.
5. Gunakan ejaan dan tanda baca yang baik.
6. Pilihlah tayangan video dari kedua tautan berikut untuk dijadikan sumber teks berita.



 




Kegiatan 5 Membacakan teks berita.


Bacakanlah teks berita yang kalian buat di kelas. Gunakan suara dan intonasi yang tepat agar pembacaan teks berita terdengar dengan baik. Siswa lain akan menilai penyajian kalian dengan menggunakan rubrik berikut.


 



Keterangan:
• Nilai 32 – 40 : Sangat Baik
• Nilai 24 – 31,9 : Baik
• Nilai 16 – 23,9 : Cukup Baik
• Nilai 8 – 15,9 : Kurang Baik
• Nilai 0 – 7,9 : Tidak Baik.


 


C. Memahami Penyajian Teks Berita dalam Bentuk Vlog




Dengan kemajuan teknologi saat ini, vlog banyak dipakai untuk melakukan penyajian berita dan peristiwa terkini. Vlog adalah blog yang unggahan nya berupa video. Hal ini tentu saja membuat penyajian berita
menjadi menarik karena pemirsa dapat langsung melihat isi berita sehingga lebih mudah untuk dipahami.


Kegiatan 1 Mendiskusikan vlog.

Perhatikan vlog “Solutif! Ganti Angkutan Umum dengan Bike Sharing Jakarta!” di bawah ini. Bentuklah kelompok bersama 3-4 kawan kalian. Diskusikan beberapa hal terkait dengan inovasi serta keterkaitannya dengan usaha untuk menjaga kota dan komunitas yang keberlanjutan.


 


Kegiatan 2 Menganalisis vlog.

Perhatikan vlog “Untuk Bertahan di Tengah Pandemi, Perajin Mebel Ubah Haluan Jadi Produksi Mainan Edukasi” di bawah ini. Bentuklah kelompok bersama 3-4 kawan kalian. Diskusikan secara berkelompok beberapa hal terkait dengan inovasi serta keterkaitannya dengan usaha untuk menjaga kota dan komunitas yang keberlanjutan.

 


 



Kegiatan 3 Memahami ciri dan syarat vlog berita
Berikut ini faktor-faktor yang perlu diperhatikan saat membuat vlog.
1. Pemilihan tema. Vlog dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat dengan penyampaian yang menghibur.
2. Penggunaan gambar yang jernih dan sesuai. Penampilan gambar adalah faktor penting karena vlog mengutamakan penampilan gambar. Pengambilan gambar dengan proporsional dan jernih sangat mendukung informasi yang disampaikan dalam vlog.
3. Penggunaan audio yang jelas dan jernih. Audio yang jernih dan jelas mendukung penyampaian pesan atau isi berita dengan baik.
4. Kemampuan berbicara. Seorang naravlog (vlogger) perlu melatih kemampuan berbicara. Kemampuan berbicara harus didukung oleh penggunaan bahasa baku, kalimat yang tepat, intonasi, dan artikulasi saat membawakan teks.


Kalian sudah menyaksikan dua vlog yang berbeda. Kalian pasti sudah dengan cermat mengamati kedua vlog tersebut. Bandingkanlah kedua vlog tersebut.

 



 

 



D. Proyek Membuat Vlog


 

Kegiatan yang disebut dengan vlogging (video blogging) diinspirasi oleh tren dunia internet sebelumnya, yakni blog. Banyak orang menjadi cukup
terkenal dan kaya melalui blog, begitu pula halnya dengan vlog. Kegiatan ini bahkan banyak ditekuni sebagai sebuah profesi dan sumber pendapatan utama bagi sebagian orang. 

Semenjak tahun 2013, YouTube memberikan uang kepada para pengunggah video yang jumlah penontonnya banyak melalui adsense. Sejak itulah, banyak orang yang mengunggah bermacam jenis video ke platform YouTube untuk sekadar hobi atau sebagai pencarian.
Lalu, bagaimana cara membuat vlog yang menarik untuk pemula?

 

 

Kegiatan 1 Membuat vlog.

Berikut ini langkah-langkah membuat vlog.

1. Merencanakan ide konten video tersebut. Lakukan curah gagasan (brainstorming). Lalu, buatlah perincian isi teks dan gambar yang diperlukan agar video yang dibuat menarik baik itu dari alur maupun kreativitas penyuntingan.

2. Menyiapkan peralatan. Tidak banyak dibutuhkan peralatan untuk membuat sebuah vlog. Pada zaman yang sudah serba maju ini, kita bisa membuat vlog hanya dengan ponsel. Namun, kamera ponsel tersebut haruslah berkualitas cukup baik. Agar kualitas video semakin bagus, sebaiknya gunakan beberapa alat tambahan, seperti tripod, stabilizer, dan mikrofon.

3. Melakukan pengambilan gambar, penyuntingan, dan mengunggah video.
a. Saat pengambilan gambar, perhatikan pencahayaan, sudut pengambil an gambar, dan sinematografi dasar lain. Hal-hal kecil tersebut akan membuat video terlihat lebih elegan dan menarik.
b. Saat penyuntingan, gunakan berbagai perangkat lunak (software) yang mudah digunakan, baik dari aplikasi Windows maupun Mac.
c. Sebelum mengunggah ke akun YouTube, lengkapi dengan judul,deskripsi video, dan gambar simbol video (thumbnail) yang menarik perhatian. Pemberian tanda pagar tertentu juga akan sangat membantu para calon penonton menemukan video yang diunggah.

4. Mempromosikan video.

 
Mempromosikan karya video yang telah dibuat juga tak kalah penting.
Sebarkan informasi tautan video yang telah diunggah lewat akun media sosial yang dimiliki agar video tersebut dilihat oleh banyak orang.



Dengan berkolaborasi bersama teman kalian, buatlah vlog dengan ketentuan sebagai berikut.
1. Vlog dikerjakan secara berkelompok yang terdiri atas 3-4 siswa.
2. Tema berupa inovasi atau konsep go digital pada industri/ekonomi kreatif Indonesia (wisata, kuliner, pertunjukan seni, dan lain-lain). Berdiskusilah dengan teman satu kelompok untuk merumuskan gagasan pokok dalam teks.
3. Sertakan teks dan gambar yang sesuai dengan tema.
4. Rekam penyajian berita kalian dalam bentuk video.
5. Unggahlah video itu pada media vlog. Ajak teman-teman kalian untuk
menonton di dalam kelas.
6. Kelompok lain akan memberikan penilaian dengan rubrik sebagai berikut.


 



Keterangan:
• Nilai 24-30 : Sangat Baik
• Nilai 18-23,9 : Baik
• Nilai 12-17,9 : Cukup Baik
• Nilai 6-11,9 : Kurang Baik
• Nilai 0-5,9 : Tidak Baik.


 


E. Jurnal Membaca


 

Pilihlah dua atau tiga karya dari beberapa karya berikut yang dapat kalian jadikan alternatif pilihan bacaan pada kegiatan jurnal membaca pada Bab 2.

 



 


Lengkapilah formulir “Jurnal Membaca” berikut ini sebagai tindak lanjut kegiatan membaca dua atau tiga karya yang direkomendasikan.
Gunakan formulir berbeda untuk setiap buku.

 





F. Refleksi Kegiatan Pembelajaran Bab 2


 Selamat! Kalian sudah selesai mempelajari Bab 2. Berilah tanda centang
(√) pada kolom Sudah jika kalian sudah memahami atau mampu melakukan suatu pembelajaran. Jika kalian masih memerlukan pembelajaran lebih lanjut dengan bimbingan gurumu, berilah tanda centang pada kolom Belum.