MATERI INFORMATIKA KELAS X BAB VIII DAMPAK SOSIAL INFORMATIKA

 


DAMPAK SOSIAL INFORMATIKA
TUJUAN PEMBELAJARAN 
Setelah mempelajari bab ini, kalian mampu memahami sejarah perkembangan komputer dan tokoh-tokohnya, aspek ekonomi dan hukum produk Informatika, merancang gagasan solusi informatika, dan memahami studi lanjut dan karier di bidang informatika .
 
PERTANYAAN PEMANTIK
Apa cita-cita kalian yang berkaitan dengan informatika? Bagaimana kalian akan mencapainya ? 
 


 
APERSEPSI
Saat ini, informatika sangat memengaruhi kehidupan manusia. Informatika tumbuh dari sejarah perkembangan komputer di masa lampau dengan tokoh-tokoh jeniusnya. Informatika menghasilkan produk yang bisa berdampak pada aspek ekonomi maupun hukum. Di masa depan, kalian tidak boleh tertinggal untuk tahu teknologi di bidang Informatika ini, untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang penting .
 
 
KATA KUNCI
sejarah informatika, aspek ekonomi, aspek hukum, studi lanjut, sertifikasi, karier.
 
A. SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
Komputer pada saat ini telah masuk pada seluruh sendi kehidupan kalian. Komputer saat ini sangat terjangkau dan memiliki banyak bentuk. Komputer tidak lagi berbentuk desktop, tetapi juga dapat berbentuk laptop, ponsel pintar, jam tangan, kacamata, bahkan menyatu dengan beragam benda yang kita sebut sebagai internet of things. 
 
Akan tetapi, tidak banyak yang mengetahui bahwa komputer memiliki sejarah yang sangat panjang. 
 
Ternyata, sejarah mesin komputasi dimulai bahkan jauh sebelum Masehi, yaitu +/- 2400 BC dengan abacus, sebelum mesin elektronik pertama diciptakan. 
 

 
 
Komputer kemudian dapat diprogram, yang dirancang oleh Charles Babbage, dengan pemrogram pertamanya ialah seorang wanita bernama Ada Lovelace.  
 


 
Model komputasi yang melahirkan komputer elektronik
yang dipakai saat ini ialah Mesin Turing. Mesin ini diciptakan oleh Alan Turing. 
 
Mesin Turing merupakan model komputasi, sebuah mesin abstrak yang mengolah simbol pada sepotong pita dengan mengacu ke sebuah tabel aturan. Walaupun sangat sederhana, diberikan sebuah algoritma komputer, sebuah Mesin Turing dapat menyimulasi logika algoritma yang dirancang. Mesin abstrak sederhana ini menjadi dasar pengembangan bahasa-bahasa pemrograman dan teori otomata yang mendasari otomasi. Perhatikan bahwa perkembangan perangkat keras dan perangkat lunak selalu dimulai dari model abstrak. Ini membuktikan, bahwa berpikir komputasional selalu mendahului dan mendorong lahirnya teknologi.
 
Sejak itu, beragam benda untuk membantu perhitungan ditemukan, dengan kompleksitas dan kinerja yang makin tinggi. Perubahan komputer yang berlangsung terus sepanjang waktu dan secara berjenjang dipacu dengan perkembangan ilmu pengetahuan membuat komputer berevolusi.
 
Di tingkat SMP, siswa telah mempelajari sistem komputer, dan mengenal bahwa komputer bisa terdiri atas komputer personal, mini personal, mini komputer dan mainframe. Siswa juga sudah mempelajari berbagai jenis software, mulai sistem perangkat lunak, development tools (compiler, IDE-Integrated Development Environment seperti yang dipakai untuk pemrograman dengan scratch dll), dan aplikasi (email, pemroses kata, pemroses lembar kerja, presentasi, browser, laboratorium virtual dan lain-lain). Siswa sudah mengalami bagaimana mudahnya menggunakan sistem komputer di zaman sekarang, yang sangat berbeda dengan komputer saat pertama kali ditemukan. Ini sama dengan perkembangan alat transportasi, misalnya dimulai dari kereta kuda, mobil kuno sampai mobil modern tanpa awak sekarang.
 
Mempelajari sejarah sangat penting untuk belajar dari masa lalu. Belajar tentang keberhasilan dan kegagalan, serta betapa mesin dan teknologi yang ditemukan akan mempercepat penemuan mesin-mesin baru dan komponen-komponen yang lebih tangguh, dengan ukuran yang makin kecil, tetapi kapasitas dan kinerjanya makin tinggi. Mesin komputer juga lahir dari konsep. 
 
Perkembangan teknologi juga tak lepas dari perkembangan ilmuwan dan insinyur yang mengembangkannya. 
 
Tokoh-tokoh tersebut tidak hanya menciptakan mesin,
tetapi juga menciptakan konsep-konsep yang dipakai sampai sekarang, misalnya Algoritma ditemukan pada tahun 830 oleh Al-Khawarizmi.
 
Di tingkat SMP, kalian juga sudah dilatih untuk merangkum bahan bacaan digital. Kali ini, kalian diminta untuk merangkum informasi tentang perkembangan komputer (hardware dan software), dan tokoh-tokoh yang berperan di balik perkembangan tersebut. Karena banyak, kalian harus memilih suatu periode tertentu yang “pendek” dan paling menakjubkan buat kalian, dan mengulas mesin yang ada saat itu berikut tokoh-tokohnya.