Buku Kurikulum Merdeka IPS Kelas X Tema 03 Ekonomi : Manusia dan Upaya Pemenuhan Kebutuhan

 


 Gambaran Tema
Manusia telah berkegiatan ekonomi semenjak mereka lahir hingga membentuk peradaban modern seperti sekarang. Manusia bertahan hidup dengan cara memenuhi kebutuhannya. Namun, kebutuhan manusia cenderung tidak terbatas sementara ketersediaan sumber daya yang dapat dimanfaatkan semakin langka. Bagaimanakah manusia dapat terus memenuhi kebutuhannya jika sumber daya yang dapat dimanfaatkan semakin langka? 

Pada tema ini, kalian akan mempelajari sejarah dan konsep ilmu ekonomi serta cara manusia berekonomi. Kalian juga akan mempelajari beberapa hal yang menjadi fokus kajian ekonomi, seperti kebutuhan, keinginan, kelangkaan, kegiatan ekonomi, permintaan, penawaran, harga, pasar, bank, dan lembaga keuangan nonbank.

 

 


Capaian Pembelajaran Ilmu Ekonomi
Pada akhir kelas X, peserta didik merefleksikan konsep kelangkaan dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mampu membedakan dengan jelas antara kebutuhan (needs) dan keinginan (wants). Lebih lanjut, peserta didik mampu memahami abstraksi murni seperti filsafat dan konsep matematika ekonomi yang lebih tinggi. Pengetahuan ini akan membantu peserta didik dalam menerapkan informasi umum yang diperlukan untuk beradaptasi dengan situasi tertentu. Peserta didik memahami bahwa berbagai potensi sumber daya alam harus digunakan untuk kesejahteraan bersama. 

Peserta didik memahami bahwa potensi sumber daya manusia digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia dengan menyalurkannya dalam bentuk mata pencaharian atau profesi tertentu. 

Peserta didik memahami transaksi ekonomi dan berbagai jenis praktiknya. Melalui rangkaian pemahaman tersebut, peserta didik mampu menyusun skala prioritas kebutuhan, mulai dari kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Pada akhirnya, peserta didik mampu memahami konsep menyimpan (saving) dalam terminologi tradisional dan modern.

Tujuan dan Indikator Capaian Pembelajaran Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:
• Mengetahui konsep ilmu ekonomi, kebutuhan manusia, dan kelangkaan sumber daya
• Menjelaskan keterkaitan konsep ilmu ekonomi, kebutuhan manusia, dan kelangkaan sumber daya dengan perspektif holistik
• Menerapkan konsep yang telah dipelajari sebagai nilai-nilai di kehidupan sehari-hari
• Menganalisis berbagai fenomena ekonomi pada kehidupan sehari-hari.
• Menyimpulkan berbagai kegiatan ekonomi yang terjadi di lingkungan sekitar.
• Menyusun laporan penelitian sederhana dari materi yang telah dipelajari.

Materi Kelas X:
• Konsep ilmu ekonomi
• Kegiatan ekonomi
• Pasar dan terbentuknya harga pasar
• Bank dan lembaga keuangan bukan bank

Pertanyaan Kunci:
• Mengapa manusia membutuhkan ilmu ekonomi?
• Bagaimana ilmu ekonomi menjelaskan upaya manusia dalam memenuhi kebutuhannya?

Kata kunci:
Kebutuhan, Kelangkaan, Produksi, Distribusi, Konsumsi, Pasar, Harga, Uang, Bank, Industri Keuangan Non-Bank

 

 

A. Pengantar Ilmu Ekonomi


 

Lihatlah lingkungan di sekitar kalian dan renungkan berdasarkan pengamatan dan pengalaman kalian, apakah manusia selalu berusaha memenuhi kebutuhannya setiap hari? Petani bekerja di sawah dan kebunnya, peternak merawat ternaknya setiap saat, orang tua bekerja setiap hari, mengapa mereka melakukannya?
Lalu, pernahkah kalian merasa tidak membutuhkan apa-apa? Atau pernahkan kalian berhenti untuk memenuhi kebutuhan kalian? Jawabannya, tentu tidak.
Manusia membutuhkan energi dari makanan untuk bertahan hidup. Hal yang kalian lakukan sehari-hari seperti ketika ingin makan sesuatu, ingin bernyanyi,  

 

 

B. Kegiatan Ekonomi 


 

Amatilah foto di atas, adakah yang belum pernah makan di kantin sekolah atau warung di dekat sekolah kalian? Ketika kalian melakukan aktivitas makan atau membeli suatu barang di kantin, kegiatan ekonomi apa sajakah yang terjadi? Apakah kalian mampu memenuhi kebutuhan kalian tanpa bantuan dari pihak lain? Jawabannya tentu saja tidak.


Ketika kalian membutuhkan alat tulis dan segala hal kebutuhan lainnya, kalian membutuhkan pihak lain yang menyediakan barang atau jasa tersebut.


Barang atau jasa yang kalian nikmati itu diproduksi oleh produsen dan didistribusikan oleh distributor. Sementara kalian yang menikmati barang atau jasa adalah konsumen. Pengategorian tersebut berdasarkan pada kegiatan ekonomi yang dilakukan dan semua yang terlibat dalam aktivitas ekonomi disebut sebagai pelaku ekonomi. Secara
umum, materi ini pernah kalian pelajari di bangku SMP. 

Terdapat tiga kegiatan ekonomi, yaitu:
Produksi adalah usaha untuk menambah nilai guna suatu barang atau jasa.
Distribusi adalah usaha untuk menyalurkan dan mendistribusikan barang dan jasa hingga ke konsumen. Contoh berbagai kegiatan distribusi adalah perdagangan, pengangkutan, penyimpanan, pengklasifikasian, penjualan, dan promosi.
Konsumsi adalah usaha untuk menghabiskan dan mengurangi nilai guna suatu barang atau jasa.


Dari ketiga kegiatan ekonomi di atas dapatkah kalian mencari contoh di lingkungan sekitar kalian? Kerjakan aktivitas di bawah ini untuk meningkatkan pemahaman kalian tentang kegiatan ekonomi


 

 

 

 

C. Pasar dan Terbentuknya Harga Pasar



Setelah kalian belajar tentang kegiatan ekonomi, materi selanjutnya akan mempelajari tentang pasar dan terbentuknya harga pasar. Kalian tentu pernah berbelanja, baik itu di pasar tradisional, swalayan, maupun pasar daring (marketplace). Namun, apakah sebenarnya pasar itu? 

Bagaimana harga pasar dapat terbentuk? Pada materi ini, kalian akan mempelajari tentang permintaan, penawaran, serta proses terjadinya keseimbangan harga atau terbentuknya harga pasar.
Ketika kalian berbelanja, pernahkah kalian bertanya, bagaimana keseimbangan harga dapat terbentuk? Saat membeli suatu barang, apakah kalian pernah memikirkan bahwa tawar menawar yang kalian lakukan adalah proses untuk membentuk harga pasar atau keseimbangan harga?

 

 

D. Lembaga Keuangan

Banca Monte dei Paschi di Siena, lembaga keuangan tertua di
dunia, yang terletak di Pisa, Italia


 

 

Pada bagian ini kalian akan belajar tentang lembaga keuangan. Di mulai dari apa itu lembaga keuangan?


Bagaimana regulasi dari berbagai jenis lembaga keuangan? Hingga bagaimana pengaruh dari lembaga keuangan untuk kehidupan sehari-hari kalian? Di samping itu, pada bagian ini kalian juga akan belajar tentang berbagai produk yang ada pada tiap-tiap lembaga keuangan yang tentunya dapat kalian rasakan manfaatnya baik secara langsung maupun tidak langsung.


Ketika melihat berbagai lembaga keuangan di sekitar kita, tentu timbul pertanyaan, mengapa manusia memerlukan lembaga keuangan? Apakah
sebenarnya manfaat dari adanya lembaga keuangan tersebut?