MATERI LENGKAP LKS GEOGRAFI PEMINATAN UNTUK SMA/MA KELAS XII

 

 

BAB I WILAYAH DAN PERWILAYAHAN DALAM PERENCANAAN TATA RUANG

Kompetensi Dasar
3.1 Memahami konsep wilayah dan perwilayahan dalam perencanaan tata ruang wilayah nasional, provinsi, dan kabupaten/kota.
4.1 Membuat peta pengelompokan penggunaan lahan di wilayah kabupaten/kota/provinsi berdasarkan data wilayah setempat.

Tujuan Pembelajaran
1. Setelah mempelajari wilayah, perwilayahan, dan tata ruang, peserta didik dapat mendeskripsikan konsep wilayah, perwilayahan, dan tata ruang dengan benar.
2. Setelah mempelajari pertumbuhan wilayah Indonesia, peserta didik dapat memahami pertumbuhan wilayah berkelanjutan dan mengembangkan pusat pertumbuhan dengan bijaksana dan tanggung jawab.
3. Setelah mempelajari wilayah pembangunan Indonesia, peserta didik dapat menentukan arah pembangunan wilayah Indonesia dengan bijaksana dan tanggung jawab.
4. Setelah memahami perencanaan tata ruang di Indonesia, peserta didik dapat membuat perencanaan tata ruang nasional, provinsi, dan kabupaten/kota serta membuat peta penggunaan lahan di wilayah tersebut dengan bijaksana dan tanggung jawab.
5. Setelah mengetahui permasalahan dan penerapan tata ruang di Indonesia, peserta didik dapat menunjukkan sikap peduli terhadap permasalahan dan penerapan tata ruang wilayah dengan tanggung jawab.

 

Materi Inti Pembelajaran
1. Wilayah, Perwilayahan, dan Tata Ruang ( KLIK DISINI )
2. Pertumbuhan Wilayah di Indonesia ( KLIK DISINI )
3. Pembangunan Wilayah di Indonesia ( KLIK DISINI )
4. Perencanaan Tata Ruang di Indonesia ( KLIK DISINI ) 

5. Penilaian Akhir Harian BAB I ( KLIK DISINI )   

 

BAB II INTERAKSI DESA DAN KOTA

Kompetensi Dasar
3.2 Menganalisis struktur keruangan desa dan kota, interaksi desa dan kota, serta kaitannya dengan usaha pemerataan pembangunan.
4.2 Membuat makalah tentang usaha pemerataan pembangunan di desa dan kota yang dilengkapi denganpeta, bagan, tabel, grafik, dan/atau diagram.


Tujuan Pembelajaran
1. Setelah mempelajari tentang struktur keruangan desa  dan kota, peserta didik dapat menjelaskan struktur keruangan desa dan kota dengan benar.
2. Setelah memahami interaksi desa dan kota, peserta  didik dapat mendeskripsikan pola dan faktor-faktor interaksi desa dan kota dengan benar.
3. Setelah mempelajari usaha pemerataan pembangunan di desa dan kota, peserta didik dapat menunjukan usaha pemerataan pembangunan di desa dan kota dengan bijaksana dan disiplin.
4. Setelah mengetahui usaha pemerataan pembangunan serta dampak perkembangan wilayah desa dan kota, peserta didik dapat melakukan tindakan positif yang mendukung perkembangan kota dengan bijaksana dan tanggung jawab.

Materi Inti Pembelajaran
1. Struktur Keruangan Desa ( KLIK DISINI )
2. Struktur Keruangan Kota ( KLIK DISINI )
3. Interaksi Desa dan Kota ( KLIK DISINI )
4. Usaha Pemerataan Pembangunan Serta Dampak Perkembangan Wilayah Desa dan Kota ( KLIK DISINI )
5. Penilaian Akhir Harian BAB II ( KLIK DISINI )

PENILAIAN AKHIR SEMESTER - PAS  ( KLIK DISINI )

 

BAB III PEMANFAATAN PETA, PENGINDRAAN JAUH DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS ( SIG )


Kompetensi Dasar
3.3 Menganalisis jaringan transportasi dan tata guna lahan dengan peta dan/atau citra pengindraan jauh serta Sistem Informasi Geografis (SIG) kaitannya dengan pengembangan potensi wilayah dan kesehatan lingkungan.
4.3 Menyajikan peta tematik berdasarkan pengolahan citra pengindraan jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk pengembangan potensi wilayah dan kesehatan lingkungan.

Tujuan Pembelajaran
1. Setelah mempelajari interpretasi peta dan foto udara terkait jaringan transportasi, peserta didik mampu menganalisis jaringan transportasi dan menyajikan peta tematik dengan benar.
2.Setelah mempelajari interpretasi peta dan foto udara terkait tata guna lahan, peserta didik mampu menganalisis tata guna lahan dan menyajikan tematik  dengan benar.
3. Setelah melakukan analisis spasial Sistem Informasi Geografis (SIG) terkait pengembangan potensi wilayah, peserta didik mampu menganalisis pengembangan potensi wilayah dan menyajikan peta tematik dengan benar, jujur, dan tanggung jawab.
4.  Setelah melakukan analisis spasial Sistem Informasi Geografis (SIG) terkait kesehatan lingkungan, peserta  didik mampu menganalisis kesehatan lingkungan dan menyajikan peta tematik dengan benar, jujur, dan tanggung jawab.

Materi Inti Pembelajaran
1. Pemanfaatan Peta dan Pengindraan Jauh Terkait Dengan Jaringan Transportasi ( KLIK DISINI )
2. Pemanfaatan Peta dan Citra Pengindraan Jauh Terkait Tata Guna Lahan ( KLIK DISINI )
3. Analisis Spasial Sistem Informasi Geografis (SIG) Terkait Pengembangan Potensi Wilayah ( KLIK DISINI )
4. Analisis spasial Sistem Informasi Geografis (SIG) Terkait Dengan Kesehatan Lingkungan ( KLIK DISINI )

5. Penilaian Akhir Harian BAB III  ( KLIK DISINI )

 

BAB. IV  NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG

Kompetensi Dasar
3.4 Menganalisis karakteristik negara maju dan negara berkembang dalam konteks pasar bebas.
4.4 Membuat makalah tentang interaksi Indonesia dengan negara maju dan negara berkembang dalam konteks pasar bebas yang dilengkapi dengan peta, tabel, grafik, dan/atau diagram.

Tujuan Pembelajaran
1. Setelah mempelajari karakteristik negara maju dan negara berkembang, peserta didik mampu mendeskripsikan karakteristik dan membuat peta persebaran negara maju dan negara berkembang dengan benar.
2. Setelah mempelajari regionalisasi kawasan dunia berdasarkan pusat pertumbuhan ekonomi, peserta didik mampu mendeskripsikan dan membuat makalah pusat pertumbuhan ekonomi dan bentuk regionalisasi kawasan dunia dengan benar.
3. Setelah mempelajari bentuk-bentuk kerja sama negara maju dan berkembang di dunia, peserta didik mampu menyebutkan contoh bentuk-bentuk kerja sama antarnegara maju dan berkembang dengan benar.
4. Setelah mempelajari pasar bebas, peserta didik mampu menjelaskan dampak pasar bebas dan strategi pembangunan Indonesia menuju negara maju dengan bijaksana.

Materi Inti Pembelajaran
1. Karakteristik dan Persebaran Negara Maju dan Negara Berkembang ( KLIK DISINI  )
2. Regionalisasi Kawasan Dunia Berdasarkan Pusat Pertumbuhan Ekonomi ( KLIK DISINI )
3. Bentuk-Bentuk Kerja Sama Negara Maju dan Negara Berkembang di Dunia ( KLIK DISINI )
4. Pasar Bebas dan Strategi Pembangunan Indonesia Menuju Negara Maju ( KLIK DISINI )
5. Penilaian Akhir Harian BAB IV ( KLIK DISINI )

  

PENILAIAN AKHIR TAHUNAN ( PAT ) GEOGRAFI KELAS XII ( KLIK DISINI )